DPRDSU Heran Pipa Transmisi tak Diganti Sejak Zaman Belanda, Ini Jawaban Dirut Tirtanadi Sumut

Anggota DPRDSU Ir Parlaungan Simangunsong, ST, IPM (kiri) dan Dirut PDAM Tirtanadi Sumut, Kabir Bedi, ST, MBA. (Foto repro www.MartabeSumut.com)
Bagikan Berita :

www.MartabeSumut.com, Medan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRDSU) Ir Parlaungan Simangunsong, ST, IPM, menyinggung kinerja Direksi PDAM Tirtanadi Sumut dari tahun ke tahun. Pasalnya, legislator asal Dapil Sumut 1 Kota Medan Kec Medan Amplas, Medan Kota, Medan Denai, Medan Area, Medan Perjuangan, Medan Tembung, Medan Deli, Medan Timur, Medan Marelan, Medan Labuhan dan Kec Medan Belawan itu heran mengetahui pipa-pipa transmisi PDAM Tirtanadi Sumut tak kunjung diganti sejak zaman Belanda sampai saat ini.

BACA LAGI: Laporan Kunker DPRDSU, Parlaungan Simangunsong: Sejak Zaman Belanda Pipa Transmisi Air Tirtanadi tak Diganti

BACA LAGI: Medan Utara Kesulitan Air, Dirut Tirtanadi Kabir Bedi: Sudah Selesai, Akibat Pipa Cemara & Hamparan Perak

BACA LAGI: Komisi C DPRDSU Bingung, Tirtanadi Punya 6 IPAM & Beli Air dari PT TLM tapi Pasokan Defisit

BACA LAGI: Pipa Distribusi & Jaringan Air Tanpa Maintenance, Tirtanadi Diminta Buat Regulasi & Jangan Tindas Pelanggan !

Kepada www.MartabeSumut.com, Kamis (8/4/2021) kemarin, Parlaungan meyakini, pasokan air diterima konsumen (masyarakat) kerap kuning, keruh dan berlumpur akibat pipa-pipa transmisi yang tidak pantas dipakai lagi. “Setahu saya dari dulu sampai sekarang, belum pernah ada pergantian pipa-pipa transmisi air PDAM Tirtanadi Sumut. Kan aneh, ratusan tahun berdiri, jajaran Direksi terus berganti, namun tidak peduli dengan pipa transmisi. Setebal apa lagi karat-karat menempel di pipa ? Wajar saja kualitas air Tirtanadi Sumut selalu dikeluhkan masyarakat lantaran selalu keruh, kotor dan berlumpur,” kritik mantan anggota DPRD Medan 2 periode itu.

BACA LAGI: Sekretaris Dewas PDAM Tirtanadi Rangkap Jabatan Komisaris PT TLM, DPRDSU: Buktikan Tidak Conflict of Interest !

BACA LAGI: Anggota DPRDSU & ASN Ikuti Vaksinasi ke-2, Pintor Sitorus: Jangan Kendor Lawan Covid-19 !

Logo Komunitas Aksi Jurnalis Independen (KAJI) Unit DPRD Sumut. (Foto: www.MartabeSumut.com)

BACA LAGI: Pegawai Kontrak & BHL Tirtanadi Sumut 700 Orang, dr Tuahman Purba: Terlalu Banyak, Benahi Internal !

BACA LAGI: DPRDSU Sesalkan Alat Rapid Test Diduga Re-use di Kuala Namu, Imbau Penegak Hukum Usut Aktornya

Temuan Disampaikan ke Wagubsu

Bahkan ketika DPRDSU menggelar Sidang Paripurna beragenda laporan hasil Kunjungan Kerja (Kunker) 100 legislator dari 12 Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut dan membahas realisasi APBD Sumut TA 2019, Selasa siang (14/7/2020) silam, Parlaungan membeberkan temuannya di hadapan Wagubsu Musa Rajekshah. Parlaungan pun mengungkapkan hasil ekspos dan kunjungan ke PDAM Tirtanadi Sumut pada Jumat 10 Juli 2020. “Dari sisi pelayanan, pemeliharaan, perencanaan serta kualitas, air minum PDAM Tirtanadi Sumut tidak sesuai standard mutu air bersih,” sindir Sekretaris Komisi D DPRDSU dan Sekretaris FP-Demokrat DPRDSU tersebut.

BACA LAGI: Menyoal Pencatatan Meteran & Kenaikan Tarif, Parlaungan Simangunsong: Kualitas Air Tirtanadi Merosot !

BACA LAGI: Operasi Kapal Pukat Trawl Marak di Belawan, DPRDSU Dorong Penegak Hukum Menangkap Pemiliknya

BACA LAGI: Sistem Pencatatan Air Tirtanadi Picu Lonjakan Tarif, Zeira: Jangan Cerita Perubahan Jika Ujungnya Menindas Rakyat !

BACA LAGI: Ada 5 BUMD “Disusui” Penyertaan Modal Rp. 207 M, Sekretaris Gerindra Sumut: Bubarkan yang Tidak Produktif !

Ini Jawaban Dirut Tirtanadi

Apa respon Tirtanadi Sumut ? Nah, pada Kamis (29/4/2021) pukul 10.41 WIB, www.MartabeSumut.com mengonfirmasi Dirut PDAM Tirtanadi Sumut, Kabir Bedi, ST, MBA, seputar pipa-pipa transmisi PDAM Tirtanadi yang tidak diganti sedari zaman Belanda. Kabir mengakui pipa transmisi PDAM Tirtanadi Sumut memang belum pernah diganti. “Kalau ditanya soal pipa transmisi, banyak pipa belum diganti karena keterbatasan dana. Jadi gak semudah kita bayangkan, Bang,” ucap Kabir via ponselnya. Dia menilai, anggaran yang dibutuhkan mengganti pipa-pipa mencapai triliunan rupiah. “Tentunya abang kan tahu bahwa pelayanan kita belum bisa meng-cover lebih kurang 100 persen di masyarakat Medan. Makanya kita cenderung fokus pada penambahan-penambahan jaringan dulu, Bang. Sembari nanti secara bertahap kita lakukan pergantian pipa sesuai kemampuan keuangan perusahaan,” terang Kabir.

BACA LAGI: Gratiskan Air Pelanggan ! Covid-19 Rontokkan Ekonomi, Ebenejer Sitorus Sindir Empati Tirtanadi

BACA LAGI: Rumah Kosong Tagihan Air “Bengkak”, Kabag Hublang: Pelayanan Bagus Karena Tirtanadi, Kalo jelek Kesalahan Saya

BACA LAGI: Pasca-Trisno Sumantri Dicopot Uang Tirtanadi Menguap Rp. 280 M ? DPRDSU Minta BPKP Lakukan Pemeriksaan

BACA LAGI: Corona Menghantui, Tagihan Air Membebani: DPRDSU Sindir Gubsu tak Jeli Selaku Pemegang Saham Tirtanadi

Pipa tak Diganti, Pasokan Air Kotor

Akibat pipa transmisi tak diganti, berdampak pada pasokan air terhadap konsumen sering berlumpur, kotor dan kuning, pendapat Anda ? Awalnya Kabir menyatakan tidak berhubungan. Tapi dia langsung meralatnya. “Saya rasa itu tak ada hubungan, Bang. Jadi begini, maksud saya bukan tak ada hubungan, Bang. Bukan karena mentang-mentang tak diganti langsung berlumpur, ya tidak juga. Buktinya Bang, berlumpur itu tidak setiap saat. Mungkin ketika mati lampu (listrik padam). Pada detik-detik tertentu saja. Bukan berlumpur setelah 24 jam mati lampu,” ujarnya.

BACA LAGI: Zeira Salim Ritonga Desak Dewas PDAM Tirtanadi Uji Labor Cairan Kimia PT STI

BACA LAGI: Anggota DPRDSU Ebenejer Sitorus Usulkan Pilkada Dikembalikan ke DPRD, Pemilihan Langsung Banyak Mudaratnya !

BACA LAGI: Trisno Sumantri Dicopot & Pemasok “Gelap” Cairan Kimia ke PDAM Tirtanadi Sumut, Zeira Ritonga: Tenderkan !

BACA LAGI: Pansus DPRDSU LKPj Gubsu Kesal, Ebenejer Sitorus: OPD Sumut Asal-asalan, Jauh dari Visi Bermartabat !

Kabir Bedi Akui Karat Pipa Ganggu Kesehatan

Kabir beralasan, kadang-kadang saat mati lampu terjadi perpindahan (arus) dari listrik ke mesin genset. Lalu pipa-pipa tersebut mengalami turbulensi atau goncangan air. Akibat goncangan air pada pipa, lanjutnya lagi, maka ada flok-flok di dinding pipa yang terganggu. Hal itu dinilainya terjadi hanya beberapa detik dan bukan berjam-jam.

BACA LAGI: TERUNGKAP ! Pelanggan Sekira 500 Ribu, Tirtanadi Sumut Cuma Gratiskan Air 2.350 RT-1

TONTON VIDIO: Sambutan Ketua KAJI Unit DPRD Sumut Budiman Pardede, S.Sos saat HUT ke-4 KAJI Unit DPRD Sumut dan Aksi Sosial Bagi Sembako Buat Yatim Piatu Panti Asuhan Al-Marhamah Medan Sunggal

BACA LAGI: Tirtanadi Sumut Gratiskan Air, Aroma Akal-akalan Tercium Mengalir

BACA LAGI: Hadiri HUT ke-4 KAJI DPRD Sumut, Zeira & Robert Dorong Bansos ke Panti Asuhan Al-Marhamah

Bukankah kotoran dan karat-karat pipa yang telah lama lengket berpengaruh pada pasokan air bersih ? Kabir tidak mengingkari karat-karat pasti ada menempel di pipa dan bisa mengganggu kesehatan (pasokan air tidak bersih). Bagi dia, masalah (goncangan air dalam pipa) tidak terjadi setiap saat. “Saya hanya dapat sampaikan seperti ini. Kalo memang soal karatnya, ya (benar bisa) ganggu kesehatan. Tapi tidak terjadi setiap saat. Hanya beberapa detik,” tepis Kabir Bedi. (MS/BUD)

Bagikan Berita :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here