Rayakan Natal di LP Tanjung Gusta Medan, KAJI Unit DPRD Sumut Beri Narapidana 100 Paket Natal

Bagikan Berita :

www.MartabeSumut.com, Medan

Komunitas Aksi Jurnalis Independen (KAJI) Unit DPRD Sumut merayakan Natal bersama Narapidana (warga binaan) di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas I Tanjung Gusta Medan, Senin (11/12/2017) pukul 13.00 WIB di Aula LP Tanjung Gusta. Dalam kesempatan tersebut, KAJI Unit DPRD Sumut memberikan paket Natal kepada 100 Narapidana berupa odol gigi, sabun mandi, sikat gigi, mie instan dan roti.

Ketua KAJI Unit DPRD Sumut Budiman Pardede, S.Sos saat memberi sambutan. (Foto: www.MartabeSumut.com)

Pantauan www.MartabeSumut.com, tampak hadir Kepala LP Tanjung Gusta Asep Syarifudin diwakili Kabid Pembinaan TA Barus, Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumut/Pembina KAJI Unit DPRD Sumut H Syamsul Qodri Marpaung, Lc, Penasehat KAJI Unit DPRD Sumut Latarefilia Hia, SE, Pendeta Parlin Panjaitan, Ketua KAJI Unit DPRD Sumut Budiman Pardede, S.Sos/jajaran pengurus serta ratusan Narapidana. Kegiatan diawali upacara organisasi menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta. Dilanjutkan laporan Panitia Natal oleh Sozato Gea (Yanto). Selanjutnya pesan/kesan dari Narapidana Lambok Simangunsong. “Kami bangga dan terhormat atas acara ini karena KAJI DPRD Sumut peduli pada kami. Hanya Tuhan yang bisa membalas dan melipatgandakan kebaikan para wartawan KAJI. Kami ucapkan selamat Natal,” cetus Lambok.

Pembina KAJI Unit DPRD Sumut yang juga Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumut H Syamsul Qodri Marpaung, Lc, saat memberi sambutan. (Foto: www.MartabeSumut.com)

380 Warga Binaan Agama Nasrani

Sementara TA Barus mengatakan, sekarang ada 380 warga binaan beragama Kristen. Selaku Kabid Pembinaan, Barus meminta maaf sebab Kepala LP tidak bisa datang. “Ada kesibukan lain Pak Kepala karena tanggal 18 Desember Menkum HAM akan berkunjung,” terangnya. Menurut Barus, Aksi Sosial Natal KAJI Unit DPRD Sumut sangat membanggakan dan baru pertama dilakukan wartawan di LP Tanjung Gusta. “Bahkan banyak warga binaan kami yang tidak pernah dikunjungi keluarganya,” ungkap Barus, sembari menambahkan, Kepala LP mengapresiasi kegiatan KAJI Unit DPRD Sumut dan berharap bisa diteruskan kedepan.

Spanduk kegiatan Natal KAJI Unit DPRD Sumut dipajang pada beberapa ruas jalan di penjuru Kota Medan. (Foto: www.MartabeSumut.com)

Apresiasi Aksi Sosial KAJI

Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumut yang juga Pembina KAJI Unit DPRD Sumut, H Syamsul Qodri Marpaung, Lc, menyatakan bersyukur kepada Tuhan lantaran dapat berkumpul dengan Narapidana karena Aksi Sosial KAJI Unit DPRD Sumut. “Terimakasih kepada LP Tanjung Gusta. Kami dari DPRD Sumut dan Pembina KAJI menyambut baik kegiatan ini. Kita berdoa supaya saudara kami Kristiani dapat merayakan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 dengan penuh sukacita,” ujar Syamsul Qodri, seraya mengingatkan, bila kelak para Napi selesai menjalani hukuman, diyakini menjelma jadi insan-insan yang baik. Politisi PKS itu pun mengimbau para Napi bersabar, tabah dan kuat menjalani kehidupan di LP. “Kalian masih bisa kok mencatat dan mengukir sejarah hidup setelah melalui masa-masa sulit,” yakin Syamsul Qodri.

Banner kegiatan Natal KAJI Unit DPRD Sumut terpajang di penjuru Kota Medan. (Foto: www.MartabeSumut.com)

Program Sosial Organisasi

Sedangkan Ketua KAJI Unit DPRD Sumut Budiman Pardede, S.Sos, dalam sambutannya menjelaskan, Natal KAJI Unit DPRD Sumut bersama Narapidana LP Tanjung Gusta merupakan program organisasi dari sisi sosial. “Kami hanya ingin berbuat kepada sesama yang kesepian ditengah-tengah keramaian. Tanggal 18 Juni 2017 kami juga menggelar aksi sosial Idul Fitri 1438 H terhadap 106 anak yatim piatu di Panti Asuhan Alwasliyah Jalan Pinang Baris Medan Sunggal,” singkap Budiman Pardede, sembari memastikan, organisasi yang dipimpinnya harus bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan kaum-kaum miskin/lemah. Usai penyampaian sambutan, sebanyak 5 Narapidana diberikan Paket Natal secara simbolis oleh TA Barus, H Syamsul Qodri Marpaung, Lc, Latarefilia Hia, SE, Pendeta Parlin Panjaitan dan Budiman Pardede, S.Sos.

Banner kegiatan Natal KAJI Unit DPRD Sumut saat Budiman Pardede dan H Syamsul Qodri Marpaung diwawancarai live oleh kru Radio Elsinta Medan. (Foto: www.MartabeSumut.com)

Ibadah Natal

Sekira pukul 14.00 WIB ibadah Natal dimulai dengan menyanyikan lagu-lagu rohani. Pendeta Parlin Panjaitan memberi siraman rohani dari nats Alkitab 1 Yoh 4:7-8. Parulian Panjaitan menekankan, kasih Tuhan harus dicerminkan umat manusia melalui sikap sadar, sabar dan tegar (SST). “Bersama Yesus, seorang Napi bisa jadi Nabi asal mau SST,” yakinnya. Dia pun mengutip nats Alkitab 1 Kor 13:4-7 yang berisi pesan tentang kasih sesama manusia. “Kasih itu sabar, murah hati, tidak cemburu dan tidak sombong. Tidak pemarah dan tidak bersukacita karena ketidakadilan. Mari kita saling mengasihi dengan sesama tanpa dibatasi suku, agama dan apapun,” tutupnya. Kegiatan Natal KAJI Unit DPRD Sumut berakhir pukul 16.00 WIB dengan acara hiburan dan makan bersama. (MS/RED)

Bagikan Berita :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here