Rakyat Sumut Menang!

Bagikan Berita :

MartabeSumut, Medan

Semua rakyat di Provinsi Sumut menang. Kira-kira begitulah kalimat yang dilontarkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRDSU) Drs H Raudin Purba. Menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumut ini, pelaksanaan Pemilihan Gubernur Sumut (Pilgubsu) yang damai, aman dan tanpa kekerasan pada Kamis 7 Maret 2013, menjadi bukti kemenangan masyarakat Sumut.


Surat suara saat pelaksanaan pesta demokrasi rakyat Sumut Pilgubsu 7 Maret 2013. (Foto: MartabeSumut).


Saat dihubungi¬†MartabeSumut¬†via ponselnya, Kamis siang (7/3/2013), disela-sela hasil quick count yang menyatakan Gatot Pujo Nugroho-Erry Nuradi (Ganteng) menang sekira 33 persen, anggota Komisi A DPRDSU ini justru tidak terlalu membusungkan dada. Bagi Raudin, perhitungan versi quick count tetap masih menunggu pengumuman manual dari KPU Sumut. “Kalau pada akhirnya hasil quick count sama dengan KPU Sumut memenangkan pasangan ‘ganteng’, syukur alhamdulillah,” ujar Raudin. Yang pasti, siapapun pemenang dari 5 kontestan Pilgubsu, Raudin berkeyakinan kemenangan sebenarnya ada di tangan rakyat Sumut. “Kerawanan-kerawanan Pilgubsu semisal anarkis ternyata tidak terjadi di Sumut. Tahapan Pilgubsu sudah berlangsung semua dan tinggal menunggu tahapan terakhir penghitungan suara. Kedamaian dan keamanan pesta demokrasi kita telah menjadi kemenangan kita bersama,” tutup Raudin merendah.

Bereskan Masalah Penegakan Hukum

Terpisah, praktisi hukum Marwan Rangkuti juga menyambut baik Pilgubsu yang telah berjalan sukses, lancar, damai, aman dan demokratis. Apapun hasil perhitungan versi quick count dan KPU Sumut nantinya, Marwan menilai sebagai sesuatu yang wajar. “Menang kalah itu biasa dan wajar dalam satu kompetisi. Sekarang Pilgubsu telah berlangsung sukses tanpa aksi kekerasan, itulah kebanggaan masyarakat Sumut yang sejatinya,” aku Marwan kepada MartabeSumut, Kamis sore (7/3/2013). Namun Marwan berharap calon manapun yang menang untuk memperhatikan masalah penegakan hukum yang tak kunjung baik di Sumut. Dia mencontohkan, ribuan kasus-kasus sengketa agraria perlu mendapat perhatian serius bagi gubernur terpilih. Kemudian mencari jalan keluar terbaik dengan berkoordinasi kepada pemerintah pusat terkait. “Bereskanlah masalah penegakan hukum. Jangan tunda-tunda apalagi dibiarkan berkepanjangan. Mulailah menjadi pemimpin yang benar-benar bekerja. Tunjukkanlah bukti kepada rakyat Sumut sesuai janji-janji saat kampanye. Jangan lagi banyak cakap atau jago diplomasi hanya untuk menjustivikasi sikap yang melupakan kepentinganmasyarakat,” ingat Marwan.

Pengamatan MartabeSumut pada 10 tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Medan, pelaksanaan Pilgubsu yang dilaksanakan hari Kamis (7/3/2013) pukul 07.00 WIB – 13.00 WIB berjalan aman, damai dan lancar. Kendati tidak semua TPS dilengkapi petugas keamanan atau aparat kepolisian, toh masyarakat pemilih menjalanan kewajibannya masing-masing secara tertib. Petugas KPPS juga tampak bersemangat mewujudkan Pilgubsu yang sehat kompetisi dan demokratis. (MS/GREVIN)

Bagikan Berita :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here