Pemred MartabeSumut Budiman Pardede: Berbagi Kasih = Aktualisasi Penghormatan Hari Besar Keagamaan

Bagikan Berita :

MartabeSumut, Medan

Berbagi kasih kepada sesama semisal anak yatim piatu dan orangtua jompo merupakan aktualisasi peran penghormatan terhadap kesakralan hari besar keagamaan. Bisa dan pantas dilakukan oleh siapa saja melalui ide, gagasan dan aksi nyata. Sebab, tidak ada satu hukum apapun di dunia ini yang dilanggar atau dapat menghalangi.

Penegasan tersebut dilontarkan Pemimpin Redaksi (Pemred) Media Umum Berita Online Kritis & Realistis www.MartabeSumut.com Budiman Pardede, S.Sos, Sabtu siang (26/7/2014), tatkala menyampaikan sambutan dalam acara berbagi kasih paket Idul Fitri 1435 H kepada puluhan anak yatim piatu dan orangtua jompo di aula kantor Kelurahan Teladan Timur Kec Medan Kota Jalan Pelajar Gang Balai Desa. Di hadapan Camat Medan Kota Parlindungan Nasution, Lurah Teladan Timur Frans SRH Siahaan, SSTP, MSP, pimpinan PDAM Tirtanadi Sumut yang diwakili Rahmat Takarina, SE, Babin Kamtibmas Kel Teladan Timur Aiptu J Nainggolan dan puluhan yatim piatu/jompo penerima paket Idul Fitri, Budiman Pardede menegaskan, apa yang dilakukan pihaknya adalah suatu keniscayaan yang dapat dilakukan semua orang tanpa batasan kemampuan ekonomi kuat atau lemah sekalipun. “MartabeSumut sebagai salah satu media online ber-badan hukum Akte Notaris nomor 21 dan Akte Notaris nomor 10 di Medan cuma media kecil. Bukan media yang punya uang banyak untuk melaksanakan kegiatan kita sekarang,” katanya.

MartabeSumut Ingin Berkarya dan Bermanfaat

Menurut Budiman Pardede, MartabeSumut berkeinginan kuat ikut berkarya dan bermanfaat bagi masyarakat luas dalam mengaktualisasikan peran Pers yang mendidik, informatif, sosial kontrol serta penghormatan terhadap kesakralan hari besar keagamaan. Artinya, imbuh Budiman Pardede lagi, ide memberikan perhatian kepada yatim piatu dan jompo yang masih “kesepian ditengah-tengah keramaian” diwujudkan dalam bentuk aksi sosial yang diteruskan kepada para pendukung seperti PDAM Tirtanadi Sumut dan Kelurahan Teladan Timur. Pria yang tinggal di wilayah Kel Teladan Timur ini mengatakan, kegiatan yang digagasnya bersifat insidentil sebab semenjak dini tidak memfokuskan upaya penggalangan dana melalui distribusi proposal kesana kemari. “Saya sampaikan ide kepada pimpinan PDAM Tirtanadi Sumut dan mereka mendukung. Barulah saya bicara kepada Pak Frans selaku Lurah Teladan Timur. Intinya, kami mau membuat anak-anak yatim piatu dan jompo tersenyum ketika merayakan hari besar keagamaan Idul Fitri. Tahun lalu saat hari besar keagamaan Natal saya mencoba melakukannya dan sampaikan kepada Pak Lurah Frans. Tapi ternyata belum ada sambutan pihak terkait. Syukur kepada Tuhan, Idul Fitri tahun ini bisa saya wujudkan,” terang jurnalis yang sejak masa kepemimpinan Gubsu Syamsul Arifin hingga Gatot Pujo Nugroho kerap mendapat juara dalam lomba-lomba karya tulis jurnalistik Pers se-Sumut.

Berbagi Kasih, Pantas Dilakukan Siapa Saja

Budiman Pardede menambahkan, berbagi kasih kepada sesama pantas dilakukan oleh siapa saja dengan cara-cara sederhana tanpa harus dibatasi kemampuan ekonomi. Menyinggung paket apa-apa saja yang diberikan kepada anak yatim/piatu dan jompo, Budiman Pardede mengakuinya bukanlah sesuatu yang prinsip. Berbagi kasih disebutnya tidak dilihat dari seberapa banyak atau sebesar apa yang bisa disalurkan. Tapi mewajibkan sikap peka untuk melihat kebutuhan dasar kelompok yang dibantu dengan landasan niat tulus. “Mereka pasti merasa senang diperhatikan saat merayakan Idul Fitri. Itu strenght point (dasar kekuatan) kegiatan aksi sosial MartabeSumut,” tegasnya. Budiman Pardede merinci, puluhan paket Lebaran yang diberikan setiap paketnya berisi beras 2 Kg, gula 1 Kg, Sirup 1 botol dan susu kental manis 1 kaleng. Bagi Budiman Pardede, pihaknya cuma memberikan ide dan melaksanakan kegiatan sehingga ucapan terimakasih lebih tepat diarahkan kepada manajemen PDAM Tirtanadi Sumut, Lurah Teladan Timur dan semua pihak yang berpartisipasi secara langsung atau tidak langsung. “Kami cuma ide dan tenaga pelaksana,” ucap Budiman Pardede merendah.

Sebelumnya, pemandu acara Yus, telah memulai kegiatan dengan memimpin menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Kemudian mengheningkan cipta, doa pembuka, kata hati mewakili orangtua jompo, sambutan Pimpinan PDAM Tirtanadi Sumut yang diwakili Rahmat Takarina, SE, sambutan Camat Medan Kota Parlindungan Nasution serta sambutan Lurah Teladan Timur Frans SRH Siahaan. Setelah itu Camat Medan Kota Parlindungan Nasution, Lurah Teladan Timur Frans SRH Siahaan, Pimpinan PDAM Tirtanadi Sumut yang diwakili Rahmat Takarina, SE, Pemred MartabeSumut Budiman Pardede, S.Sos, Babin Kamtibmas Kel Teladan Timur Aiptu J Nainggolan dan staf redaksi MartabeSumut Saur T Sihaloho, S.Sos, SH, berkenan memberi secara simbolis paket Idul Fitri kepada perwakilan 5 anak yatim piatu/jompo. Selanjutnya diikuti pembagian 45 paket kepada penerima lainnya. Acara tampak dihadiri 13 Kepala Lingkungan (Kepling) di wilayah Kelurahan Teladan Timur, jajaran redaksi MartabeSumut seperti Fadil dan beberapa undangan lain. Kegiatan yang dimulai pukul 14.00 WIB itu berakhir tertib pada pukul 17.00 WIB.(MS/FADIL)

Bagikan Berita :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here