4.000 Rumah di Luwu Utara Diterjang Banjir Bandang

Bagikan Berita :

MartabeSumut, Luwu Utara


Musibah banjir bandang kembali terjadi. Kali ini menerjang 4.000 rumah warga di Kec Malangke Barat dan Kec Baebunta Kab Luwu Utara Prov Sulawesi Selatan, Senin, (13/4/2015) pukul 16.30 WIB. Untung saja korban jiwa tidak ada namun sebanyak 1.200 KK terkena dampak. Kemudian puluhan orang terpaksa mengungsi.

Keterangan Pers diterima MartabeSumut dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho,Selasa malam (14/4/2015), menjelaskan, akibat banjir bandang 1.200 KK terdampak, 19 KK/93 jiwa mengungsi ke Beringin Jaya dan 20 KK mengungsi ke Dusun Limbong Wara. Sementara kerugian materil meliputi : 4.000 unit rumah terendam air, sejumlah tanggul dan 1 unit jembatan jebol.


Sutopo menceritakan, kronologis kejadian diawali trunnya hujan deras disertai meluapnya sungai Rongkok. “Upaya yang dilakukan BPBD setempat adalah mendirikan tenda pengungsian, assessment dan perencanaan relokasi rumah,” ujar Sutopo. Sedangkan kebutuhan mendesak warga yang jadi korban disebutnya menyangkut logistik. Sebab persediaan di BPBD Luwu Utara telah habis saat menangani banjir pada 7 April 2015 sehingga diperlukan bantuan guna penanganan darurat. “Dibutuhkan pula sistem saringan pasir lambat sebanyak 4 unit untuk menyediakan air bersih,” ungkap Sutopo. (MS/RED)

Bagikan Berita :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here