Setelah Dimutakhirkan DPT Tambah 15.859 Jiwa, Total Pemilih untuk Pilgubsu 10.310.872 Orang

Bagikan Berita :

MartabeSumut, Medan

Kalau pada Januari 2013 lalu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut melansir Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) sebanyak 10.295.013 jiwa, maka setelah dimutakhirkan lagi, jumlah DPT bertambah 15.859 jiwa. Kini total pemilih untuk Pilgubsu 7 Maret 2013 mencapai 10.310.872 orang.


Jadwal Pilgubsu 7 Maret 2013 dan 5 pasang Cagubsu/Cawagubsu terpampang di kantor KPU Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan.(Foto: MartabeSumut).

Kepada wartawan usai menghadiri Rapat Pleno KPU Sumut terkait perbaikan DPT Pilgubsu di Novotel Soechi, kemarin, Ketua KPU Sumut Irham Buana Nasution, mengatakan, jumlah DPT Pilgubsu yang sudah  diumumkan pada 8 Januari 2013 sebanyak 10.295.013 mengalami perubahan. Menurut dia, setelah dilakukan perbaikan, jumlah DPT mencapai 10.310.872 pemilih. Perubahan dan perbaikan DPT disebutnya berdasarkan pertemuan KPU Sumut, KPU dan Panwas 33 kab/kota. Irham merinci, perbaikan DPT terjadi disebabkan beberapa hal meliputi; data penduduk yang sudah meninggal, data ganda, status tahanan, status TNI Polr serta adanya jumlah data ganda lebih besar dari total warga yang tidak berhak memilih. “Jadi total pemilih untuk Pilgubsu 2013 sebanyak 10.310.872 orang,” terang Irham memastikan, sembari menambahkan, jumlah pemilih laki-laki sebanyak 5.097.602 jiwa dan perempuan 5.209.700 orang. Menyinggung jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 33 kab/kota se-Sumut, Irham juga menegaskan terjadi perubahan TPS yang disebabkan bertambahnya jumlah pemilih tetap. “Jumlah TPS bertambah 9 titik. Sebelumnya cuma 26.443 TPS, sekarang berubah jadi 26.452 TPS,” ungkap Irham.

Salurkan Hak Pilih

Sebelumnya, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Turunan Gulo, yang dikonfirmasi MartabeSumut dalam satu forum konperensi Pers, belum lama ini, mengimbau semua pihak pemangku kepentingan, Parpol, tokoh agama dan masyarakat luas untuk peduli menyalurkan hak pilih dalam Pilgubsu 7 Maret 2013. “Mari kita serukan ke publik agar jangan Golput tapi sama-sama mengontrol daftar pemilih tetap (DPT) sekarang sebelum pelaksanaan Pilgubsu,” kata Gulo.

Menurut Gulo, KPU Sumut tidak mungkin melakukan kontrol detail data pemilih sampai ke lingkungan terkecil semisal RT. Supaya DPT Pilgubsu 2013 akurat, katanya, tenggat waktu yang ada harus benar-benar dimaksimalkan semua pihak. “KPU gak mungkin bisa melakukan pengawasan apalagi sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pilgubsu berlangsung. Sebaiknya persoalan menyangkut akurasi DPT ketahuan sekarang dari pada saat/setelah pelaksanaan Pilgubsu,” ingatnya.

Antisipasi Sengketa

Menjawab pertanyaan seputar antisipasi KPU Sumut menangkal Golput hingga sengketa/gugatan klasik Parpol yang kerap terjadi pasca Pilgubsu digelar terkait masalah-masalah umum seperti pemilih aktif yang tidak terdaftar, data pemilih fiktif, pemilih dibawah umur, nama pemilih yang sudah meninggal dunia atau adanya aparat TNI/Polri yang jadi pemilih aktif, Gulo menjelaskan, semua Parpol harus memeriksa kembali DPT masing-masing supaya kelak tidak jadi objek sengketa serupa seperti Pemilu sebelumnya. Dia menyatakan, KPU Sumut berupaya keras mempersiapkan semua tahapan sebaik mungkin semenjak dini agar tidak muncul hal-hal diluar perkiraan. Kalaupun nantinya ada gugatan sedangkan tahapan sudah dijalankan dengan benar, dia memastikan KPU Sumut siap menghadapi gugatan dan tidak terlalu merisaukan. “Kita tak mungkin menjamin Golput tidak ada dan tanpa gugatan. Yang pasti, tahapan semisal pemeriksaan DPS/kualitas DPT, pemutakhiran DPT, kampanye damai, pernyataan siap kalah/menang hingga debat kandidat merupakan prioritas KPU Sumut yang kerap dioptimalkan. Jadi terpulang kepada Parpol juga bagaimana menangkal Golput maupun menghindari gugatan,” yakin Gulo.

Untuk diketahui, masa kampanye sudah berlangsung sejak 18 Februari 2013 sampai 3 Maret 2013. KPU Sumut juga telah menjadwalkan debat 5 kandidat pada tanggal 1 Maret 2013 pukul 19.00 WIB di Hotel Grand Angkasa Jalan Perintis Kemerdekaan Medan. Ke-5 pasangan Cagubsu dan Cawagubsu yang bakal ‘berperang’ pada Kamis 7 Maret 2013 diantaranya: Gus Irawan Pasaribu-Soekirman (nomor urut 1), Effendi MS Simbolon-Jumiran Abdi (nomor urut 2), Chairuman Harahap-Fadly Nurzal (nomor urut 3), Amri Tambunan-RE Nainggolan (nomor urut 4) dan Gatot Pujo Nugroho-HT Erry Nuradi (nomor urut 5). (MS/BUD)

Bagikan Berita :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here