Dikonfirmasi Sumut “Juara 1” Narkoba, Kepala BNN Brigjen Atrial Sebut Prevalensi

Kepala BNN Provinsi Sumut Brigjen Pol Atrial saat menghadiri RDP Komisi A DPRDSU, Jumat siang (4/9/2020) di gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan. (Foto: www.MartabeSumut.com)
Bagikan Berita :

www.MartabeSumut.com, Medan

Kepala BNN Provinsi Sumut Brigjen Pol Atrial menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRDSU), Jumat siang (4/9/2020) di gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan. Usai RDP, www.MartabeSumut.com menemui Kepala BNN Provinsi Sumut Brigjen Pol Atrial dan mempertanyakan sikap BNN Sumut atas fakta miris Sumut “juara 1” Narkoba secara Nasional.

BACA LAGI: Anggota DPRDSU Malu Dengar Tangkap-Lepas Narkoba, Kepala BNN Sumut Diingatkan Jangan Ada Dusta Diantara Kita

BACA LAGI: Geram Sumut Juara 1 Narkoba, Politisi Hanura Toni Togatorop Tanya Dimana Kepala BNN & Kapolda ?

BACA LAGI: Narkoba Masih Marak di Sumut, Rusdi Lubis Sindir Kepala BNN Soal Anggaran SDM Tinggi & Adu Kekuatan

BACA LAGI: Koperasi Betahamu Asahan Klaim Lahan 136 Ha di Dalam HGU Puskopad Kodam I BB, Komisi A DPRDSU Simpulkan 4 Poin

Disela-sela memasuki mobilnya untuk meninggalkan gedung Dewan, Brigjen Atrial tampak tersentak dikonfirmasi pertanyaan tersebut. “Sumut “juara 1” Narkoba, pendapat Anda Jenderal,” tanya www.MartabeSumut.com. Atrial menghentikan langkah persis sekira 2 Meter dari kendaraannya. “Bukan juara satu, peringkat 1. Prevalensi namanya. Itu Anda saja yang sebut juara 1,” tepisnya dengan rona wajah terlihat gusar. Atrial melanjutkan, sesuai hasil survei, Provinsi Sumut berada pada peringkat 1 pengguna Narkoba terbanyak di Indonesia. Bagaimana cara BNN Sumut menyikapi peringkat 1 tersebut ? Menurut Atrial, semua pihak wajib terlibat menghadapi bahaya Narkoba. “Kita sama-samalah. Dalam rapat dengan DPRDSU tadi kita akan atur strategi menurunkan (peringkat 1). Kita bersama seluruh komponen masyarakat dan pemerintah daerah. Gak bisa kami aja jalan sendiri, harus sama-sama,” ucapnya.

BACA LAGI: Lawan Resesi Ekonomi: Gubsu, Pemprovsu, OPD & Pemkab/Pemko Harus Belanjakan APBD 2020 per September

BACA LAGI: Antisipasi Covid-19 Saat Pilkada 9 Desember 2020

BACA LAGI: Tak Siap Bahan KUA-PPAS P-APBD Sumut 2020, DPRDSU Pulangkan Kadis PPKB & Sekretaris Dinas Kesehatan

BACA LAGI: Nasabah Medan Rugi Rp.1 T Pasca-Produk Reksadana PT MPAM Di-suspend OJK, DPRDSU Usir 3 Konsultan Perusahaan

Lalu, bagaimana pendapat Anda soal informasi tangkap-lepas kasus-kasus Narkoba yang dikatakan anggota DPRDSU Abdul Rahim Siregar saat RDP ? Atrial langsung melempar balik masalah. “Tanya beliaulah, saya kan gak tahu,” elaknya lagi. Terakhir, bagaimana jika tangkap-lepas terjadi di lembaga BNN Sumut ? Kali ini Atrial lugas memberi jawaban. “Kalo saya, kalo ada anggota BNN terlibat, ya saya copot aja. Kita proses. Risikonya kita proses dan copot di BNN,” tegas Atrial.

BACA LAGI: Sosialisasi Bahaya Narkoba KAJI Unit DPRD Sumut: 6 Narasumber Ingatkan 1.500 Siswa SMAN 5 Waspada

BACA LAGI: Dukung KAJI Unit DPRD Sumut Cegah Narkoba di Sekolah, Kepala BNN Sumut: Belum ada Wartawan Begini

BACA LAGI: Terima Audiensi KAJI Unit DPRD Sumut, Kapolrestabes Medan: Kunci Melawan Narkoba Ketahanan Sosial

BACA LAGI: Kapoldasu Apresiasi KAJI Unit DPRD Sumut Sosialisasikan Bahaya Narkoba di Lingkungan SMA & Kampus

Patut diketahui, berdasarkan pantauan www.MartabeSumut.com ketika RDP berlangsung, Ketua dan Sekretaris Komisi A DPRDSU yang memimpin rapat hanya fokus mengarahkan penggelontoran dana hibah dari APBD Sumut untuk BNN Sumut. Tidak ada secara spesifik mengevaluasi program-program pencegahan mitra vertikal-nya itu. Padahal, Provinsi Sumut telah naik kategori daerah “juara 1” Nasional penyalahgunaan Narkoba sesuai survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Sementara tahun 2019 Sumut masih “juara 2” di bawah Provinsi DKI Jakarta yang menempati “juara 1”. Perlu dipahami juga, merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata prevalensi bermakna hal yang umum dan suatu kelaziman. Kemudian menjelaskan jumlah keseluruhan kasus/penyakit yang terjadi pada waktu tertentu di suatu wilayah. (MS/BUD)

Bagikan Berita :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here