Minggu

16 Des 2018

  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER
  • Sabtu, 5 Mei 2018 | 00:09 WIB

    Telah dibaca 269 kali

    Sosialisasi Bahaya Narkoba KAJI Unit DPRD Sumut: 6 Narasumber Ingatkan 1.500 Siswa SMAN 5 Waspada

    Budiman Pardede
    Narasumber, siswa SMAN 5 dan pengurus KAJI Unit DPRD Sumut melambaikan 5 jari simbol menolak Narkoba, Rabu siang (2/5/2018) di SMAN 5 Medan. (Foto: www.MartabeSumut.com)

    www.MartabeSumut.com, Medan

     

    Kegiatan Sosialisasi Bahaya Narkoba bagi generasi muda yang digelar Komunitas Aksi Jurnalis Independen (KAJI) Unit DPRD Sumut, Rabu siang (2/5/2018) di halaman SMAN 5 Jalan Pelajar Medan, diikuti antusias oleh sekira 1.500 pelajar SMAN 5. Enam Narasumber pun mengingatkan siswa agar waspada terhadap peredaran gelap dan penyalahgunaan Narkoba.

     

    Pantauan www.MartabeSumut.com, satu-satunya yang jadi ironi dan paradoks terlihat adalah tidak hadirnya 1 pun utusan Kadis Pendidikan Sumut saat acara. Celakanya lagi, ketidakhadiran Dinas Pendidikan Sumut dalam acara tergolong strategis, itu tanpa alasan jelas apalagi pemberitahuan resmi. Banyak pihak menyesalkan sikap Kadis Pendidikan Sumut karena dianggap cermin pejabat yang tidak peduli pada nilai-nilai pendidikan dan mengabaikan pengayoman terhadap generasi muda bangsa. Padahal, Panitia dan Pengurus KAJI Unit DPRD Sumut telah beraudiensi ke Dinas Pendidikan Sumut pertengahan April 2018 lalu. Kendati demikian, acara tetap berlangsung lancar. Kepsek SMAN 5 Medan Drs Harris H Simamora, MSi, sempat memberi sambutan walau tidak sampai selesai mengikuti acara. Panel Diskusi dipandu oleh Ketua KAJI Unit DPRD Sumut Budiman Pardede, S.Sos selaku moderator. Narasumber yang tampil bicara diantaranya: Kabid Pencegahan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Provinsi Sumut Drs Tuangkus Harianja, MM, Ketua F-PAN DPRD Sumut Drs H Aripay Tambunan, MM, Ketua Komisi A DPRD Sumut HM Nezar Djoeli, ST, Wakil Direktur (Wadir) Reserse Narkoba Polda Sumut AKBP Frenky Yusandhy. SIK, MA, Unit Binluh Polrestabes Medan Kompol ST Hasibuan, SH serta Kasubdit Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya Kesbangpol Sumut Drs Ridwan Manurung. Perwakilan BNN Sumut, Tuangkus Harianja memastikan, generasi muda harus mewaspadai peredaran gelap dan penyalahgunaan Narkoba yang merajalela saat ini. BNN Sumut disebut Harianja menerapkan strategi pencegahan dengan mengaktifkan pelajar di sekolah sebagai duta pencegahan Narkoba. "Kita juga menggelar training of trainers (TOT) di sekolah supaya siswa mampu jadi agen dan pembicara dalam sosialisasi bahaya Narkoba," tegasnya.

     

    Penguatan Karakter

     

    Hal senada disampaikan Ketua F-PAN DPRD Sumut Drs H Aripay Tambunan, MM. Bagi dia, generasi muda dapat melawan Narkoba dengan penguatan karakter mental dan moral. Caranya bisa diwujudkan dengan olahraga, olah fikir, olah rasa dan olah hati. "Mari kita sukseskan acara luar biasa yang digelar teman-teman KAJI Unit DPRD Sumut. Manfaatkan sebagai media untuk belajar," cetus Aripay. Wakil Direktur (Wadir) Reserse Narkoba Polda Sumut AKBP Frenky Yusandhy. SIK, MA, membeberkan, sejak tahun 2017 Polda Sumut berhasil mengungkap 6.000 kasus Narkoba di Sumut. Sedangkan Barang Bukti (BB) Narkoba yang dimusnahkan sedari Januari - April 2018 mencapai nilai Rp. 79,5 Miliar. "Narkoba jenis Sabu Sabu yang kita musnahkan sebanyak 60 Kg. Makanya Polda Sumut sangat  mengapresiasi acara Sosialisasi Bahaya Narkoba bagi generasi muda yang digelar KAJI Unit DPRD Sumut," aku Frenky. Dia pun mengajak semua pelajar tetap waspada dan jangan sekali-sekali mendekati, mencoba apalagi terlibat Narkoba.

     

    Jauhi Rokok, Miras & Narkoba

     

    Ketua Komisi A DPRD Sumut HM Nezar Djoeli, ST, mengimbau pelajar SMAN 5 menjauhi rokok, miras dan Narkoba. "Ayo kita cegah Narkoba dengan aktivitas positif. Institusi DPRD Sumut mendukung penuh kegiatan positif KAJI Unit DPRD Sumut yang diupayakan melalui usaha mandiri tanpa bantuan biaya pemerintah dan aparat terkait," ucap Nezar. Menurut politisi Partai NasDem ini, generasi muda harus berani menolak, melawan, memberantas, menjauhi dan menghentikan penyalahgunaan Narkoba di lingkungan terdekat beraktivitas. "Kita lawan Narkoba bersama-sama. Semua pelajar SMAN 5 wajib anti Narkoba," pinta Nezar. Sedangkan perwakilan Polrestabes Medan Kompol ST Hasibuan berpendapat, ada 3 kiat melawan pengaruh negatif Narkoba. Disingkat CGF alias care (peduli), give (memberi) dan action (tindakan). "Kita patut peduli terhadap bahaya Narkoba yang beredar di sekitar. Lalu kita berikan perhatian untuk mencegah peredaran atau penyalahgunaannya dan kita sama-sama bertindak dengan perbuatan nyata seperti yang dilakukan KAJI Unit DPRD Sumut sekarang," simpul Kompol ST Hasibuan. Ceramah terakhir disajikan utusan Kesbangpol Sumut Drs Ridwan Manurung. Dia meyakini, upaya mencegah lebih baik daripada mengobati. Pelajar dan generasi muda disarankan Ridwan memulai aksi pencegahan dengan semangat berolahraga, menguatkan iman, belajar seni, menghindari lokasi peredaran Narkoba serta tetap berkomunikasi dengan keluarga. Kegiatan Sosialisasi Bahaya Narkoba yang dimulai pukul 12.30 WIB hingga pukul 17.30 WIB, itu diakhiri penandatanganan ikrar melawan Narkoba dan pembukaan tirai spanduk bersih Narkoba oleh 6 Narasumber, Wakil Kepsek Pakpahan, 6 siswa SMAN 5 serta pengurus KAJI Unit DPRD Sumut. (MS/BUD)


     
     
    Kirim Komentar Anda
     
    Nama :
    Kota :
    Email :
    Komentar :
       
     

     
    (Masukkan 6 kode di atas)

     

       
     


    Memahami UU PERS Nomor 40 tahun 1999

    Akhir-akhir ini banyak kalangan internal (pegiat, organisasi profesi/perusahaan) PERS maupun pihak eksternal (masyarakat/narasumber) yang keliru dan main hakim sendiri saat menilai kinerja PERS.

    Melongok UU Lalu LIntas Nomor 22/2009

    Sampai saat ini pemakai sepeda motor/angkutan umum banyak keberatan/ memperdebatkan UU No 22/2009. Diantaranya pengemudi sepeda motor, yang diwajibkan menghidupkan lampu siang hari.

    3 Media Penyebab Timbulnya Jerawat

    Banyak orang tak menyangka bahwa selain debu yang kerap melekat dalam kulit, ternyata ada 3 media (barang-barang) yang selalu kita pakai dan berisiko menimbulkan jerawat.

    Seks Mau Meningkat, Makan Ikan !

    Anda mau sukses urusan seks? Segara konsumsi ikan ! Sebab ikan memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Riset terbaru menunjukkan, nutrisi yang terkandung dalam ikan membantu menaikkan gairah seks pria.

    MARTABE SUMUT

  • HOME
  • MARTABE TERPANAS
  • KELILING MEDAN
  • YA AKU MENGATAKANNYA
  • NGINTIP DPRDSU
  • OLAHRAGA
  • NASIONAL
  • SOSOK MARTABE
  • DAERAH
  • INDEX BERITA
  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER