Minggu

17 Des 2017

Pengunjung Hari Ini : 1.808,   Bulan Ini : 58.296
  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER
  • Kamis, 30 November 2017 | 00:09 WIB

    Telah dibaca 147 kali

    Paripurna Ranperda APBD Sumut 2018 Sulit Korum Sebab DPRDSU & Pemprovsu Saling Sandera Kepentingan

    Budiman Pardede
    HM Nezar Djoely, ST (kiri) dan Ikrimah Hamidy, ST saat dikonfirmasi di gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu siang (29/11/2017). (Foto: www.MartabeSumut.com)

    www.MartabeSumut.com, Medan

     

    Sulitnya korum dan kerap banjir interupsi saat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRDSU) membahas Ranperda R-APBD Sumut 2018 sejak Senin, Selasa dan Rabu (27-29/11/2017) disebabkan DPRDSU serta Pemprovsu memainkan peran saling sandera kepentingan. Hampir bisa dipastikan, kondisi serupa bakal terjadi dalam Sidang Paripurna lanjutan yang dijadwalkan Kamis (30/11/2017) hingga pengesahan (ketok palu) APBD Sumut 2018 pada Selasa (5/12/2017).

     

    Fakta saling sandera kepentingan tersebut terpantau www.MartabeSumut.com secara jelas tatkala Sidang Paripurna DPRDSU beragenda Pemandangan Umum anggota Dewan atas nama fraksi terhadap Ranperda APBD Sumut 2018, Rabu siang (29/11/2017) di gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan. Bukan apa-apa, Sidang Paripurna kembali molor dimulai pukul 11.00 WIB dari jadwal seharusnya pukul 09.00 WIB karena minim kehadiran legislator. Dan setelah sidang dibuka, banjir interupsi kalangan wakil rakyat langsung terdengar ke permukaan. Anggota DPRDSU F-PKS Ikrimah Hamidy, ST, misalnya. Secara lantang dia interupsi dan menyatakan geram terhadap Gubsu HT Erry Nuradi dan Pemprovsu. "Ini adalah wujud kekecewaan DPRDSU kepada Gubsu/Pemprovsu. Mulai dari realisasi PP 18/2017, dana hibah rumah ibadah yang berubah jumlah hingga kesepakatan resmi yang kerap dipermainkan Gubsu secara sepihak," cetus Ikrimah. Interupsi berbeda dilontarkan anggota DPRDSU FP-NasDem HM Nezar Djoely, ST. Bagi Nezar, Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) R-APBD Sumut 2018 sebenarnya telah diserahkan Gubsu sejak Juli 2017. Artinya, timpal Nezar, pembahasan R-APBD Sumut 2018 harus diselesaikan tanpa ada friksi-friksi karena pada 5 Desember 2017 R-APBD Sumut 2018 akan disahkan. Sedangkan politisi PDIP Sarma Hutajulu, SH, meminta Paripurna ditunda dengan alasan Gubsu harus datang ke Paripurna. "Banyak masalah di Sumut yang wajib di dengar Gubsu sekarang," tegas Sarma.

     

    Rapat Diskors

     

    Pukul 11.50 WIB, rapat diskors sampai pukul 14.00 WIB. Kala itu, www.MartabeSumut.com menemui Ikrimah Hamidy. Menurut dia, kekesalan DPRDSU disebabkan banyaknya anggaran dipangkas Gubsu/Pemprovsu tanpa menghargai mekanisme yang diputuskan rapat-rapat resmi DPRDSU. "Saya yakin ini buntut kekecewaan Dewan akibat Gubsu/Pemprovsu tidak menghargai putusan-putusan resmi di DPRDSU. Bahkan sesuatu yang telah diputuskan saja bisa dengan mudah diubah sepihak," heran Ikrimah. Di lokasi Paripurna, www.MartabeSumut.com mengkonfirmasi pula Nezar Djoely. Dia pun mengimbau DPRDSU menyelesaikan pembahasan Ranperda APBD Sumut 2018 dengan penuh tanggungjawab. Nezar mengingatkan, mengacu PP No 12/2017 yang merupakan turunan UU 23/2014 tentang Pemda, terdapat sanksi pencabutan hak-hak normatif Dewan selama 6 bulan bila telat membahas R-APBD Sumut 2018 per 30 November 2017. "Saya rasa tanggungjawab moral anggota Dewan terhadap rakyat Sumut. Jadi tidak benar bila ada yang mengatakan bahwa telah terjadi pemaksaan pembahasan R-APBD Sumut 2018," terang Nezar mantap.

     

    Sekda Provsu Bilang Baik-baik Saja

     

    Terpisah, tetap di gedung Dewan, www.MartabeSumut.com mengkonfirmasi Plt Sekda Provsu Ibnu Utomo. Dijelaskan Ibnu, hubungan DPRDSU dan Pemprovsu baik-baik saja tanpa ada saling sandera kepentingan. "Keluhan Dewan soal PP 18 sudah kita masukkan dalam lembaran daerah. Saya telah menandatanganinya kemarin. Jadi tak ada masalah kok," ucap Ibnu tersenyum-senyum. Ketika dikejar persoalan perubahan keputusan-keputusan resmi Pemprovsu termasuk dana hibah rumah ibadah Rp 100 Miliar menjadi Rp. 42,8 Miliar, Ibnu malah mengalihkan konfirmasi. "Coba tanya Kepala Biro Keuangan ya. Kan gak semua masalah teknis saya ketahui," tepisnya gelagapan.

     

    Masih berdasarkan pengamatan www.MartabeSumut.com, Paripurna dilanjutkan kembali pukul 14.45 WIB. Namun sebelum dimulai, lagi-lagi interupsi mengalir keras dari politisi PKS H Syamsul Qodri Marpaung, Lc. "Saya minta berkas pertemuan Banggar terkait usulan dana hibah rumah ibadah. Pemprovsu menjanjikan akan memberikan pada kami. Gubsu itu mau disebut yang terhormat atau yang pembohong ya," sindir Wakil Ketua Komisi A itu dengan nada tinggi. Tapi interupsi Syamsul Qodri ditanggapi pimpinan sidang dengan melanjutkan agenda Pemandangan Umum yang dibacakan FP-Demokrat, F-PDIP, FP-Golkar dan beberapa fraksi lain. (MS/BUD)


     
     
    Kirim Komentar Anda
     
    Nama :
    Kota :
    Email :
    Komentar :
       
     

     
    (Masukkan 6 kode di atas)

     

       
     


    Memahami UU PERS Nomor 40 tahun 1999

    Akhir-akhir ini banyak kalangan internal (pegiat, organisasi profesi/perusahaan) PERS maupun pihak eksternal (masyarakat/narasumber) yang keliru dan main hakim sendiri saat menilai kinerja PERS.

    Melongok UU Lalu LIntas Nomor 22/2009

    Sampai saat ini pemakai sepeda motor/angkutan umum banyak keberatan/ memperdebatkan UU No 22/2009. Diantaranya pengemudi sepeda motor, yang diwajibkan menghidupkan lampu siang hari.

    3 Media Penyebab Timbulnya Jerawat

    Banyak orang tak menyangka bahwa selain debu yang kerap melekat dalam kulit, ternyata ada 3 media (barang-barang) yang selalu kita pakai dan berisiko menimbulkan jerawat.

    Seks Mau Meningkat, Makan Ikan !

    Anda mau sukses urusan seks? Segara konsumsi ikan ! Sebab ikan memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Riset terbaru menunjukkan, nutrisi yang terkandung dalam ikan membantu menaikkan gairah seks pria.

    MARTABE SUMUT

  • HOME
  • MARTABE TERPANAS
  • KELILING MEDAN
  • YA AKU MENGATAKANNYA
  • NGINTIP DPRDSU
  • OLAHRAGA
  • NASIONAL
  • SOSOK MARTABE
  • DAERAH
  • INDEX BERITA
  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER