Minggu

17 Feb 2019

  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER
  • Rabu, 9 November 2016 | 00:08 WIB

    Telah dibaca 937 kali

    Raker DPRDSU & Dispenda Sumut, Kadispenda: Denda PKB Bisa Dikurangi 80 Persen

    Budiman Pardede
    Komisi C DPRDSU menggelar Raker bersama Dispenda Sumut, Selasa siang (8/11/2016) di gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan. (Foto: www.MartabeSumut.com)

    www.MartabeSumut.com, Medan

     

    Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRDSU) menggelar Rapat Kerja (Raker) bersama Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Selasa siang (8/11/2016) di gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan. Raker menghasilkan 8 rekomendasi untuk ditindaklanjuti kedepan.

     

    Pantauan www.MartabeSumut.com, Ketua Komisi C DPRDSU Zeira Salim Ritonga, SE, langsung memimpin Raker yang dihadiri Kadispenda Sumut H Sarmadhan Hasibuan dan Staf Dispeda Sumut Victor Lumbanraja. Tampak anggota Komisi C seperti Khairul Anuwar, Muslim Simbolon, Astrayuda Bangun, Tia Isah Ritonga dan Novita Sari. Menurut Zeira, ke-8 rekomendasi diantaranya: Pertama, Komisi C DPRDSU mendorong Dispenda Sumut melakukan maping (pemetaan) data jumlah kendaraan bermotor di Sumut supaya meningkatkan pemasukan pajak daerah. Kedua, mendorong Dispenda Sumut memperbaiki kantor-kantor Dispenda di kab/kota Sumut. Ketiga, Dispenda berkoordinasi dengan 33 kepala daerah se-Sumut agar kalangan pejabat/pemerintah juga konsisten membayar pajak kendaraan bermotor (PKB). Keempat, mendorong sosialisasi program-program Dispenda Sumut terkait kesadaran masyarakat membayar pajak. Kelima, melakukan percepatan Perda upaya paksa dalam melakukan pemungutan pajak daerah. Keenam, meminta Dispendasu koordinasi dengan pemerintah pusat menyangkut ketertutupan manajemen Pertamina soal turunnya setoran pajak daerah dari bahan bakar minyak kendaraan bermotor (BBM-KB) sekira Rp. 90 M. Ketujuh, mencari sumber pajak untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) semisal pasir laut, bunker CPO sawit atau emisi gas buang. Kedelapan, kendaraan bermotor gede (Moge) yang beroperasi tanpa STNK dan tidak bayar pajak harus dituntaskan.

     

    Zeira mengatakan, berdasarkan kunjungan Komisi C DPRDSU ke beberapa kab/kota di Sumut, ditemukan fakta masalah di UPT Dispenda yang kurang kesadaran membayar pajak kendaraan termasuk pajak lainnya. "Bukan masyarakat saja yang perlu sadar. Pemerintah daerah perlu pula memberi contoh. Dan ingat, rakyat yang bayar pajak berhak dapat pelayanan dan fasilitas," ingatnya. Target pendapatan, lanjut politisi PKB itu, harus searah dengan program. PAD Sumut disebutnya besar namun belanja kecil. Sehingga upaya paksa patut dilakukan dalam menagih pajak kendaraan, Air Permukaan Umum (APU), bahan bakar hingga pajak lainnya. "Hanya 2,3 juta kendaraan bermotor yang bayar pajak di Sumut. Padahal ada 5 jutaan kendaraan. Kita setuju kab/kota berperan meningkatkan pajak. Di Kab Samosir terdapat 80 persen warga setuju dan sadar membayar PKB. Maping potensi sangat diperlukan. Akan berdampak baik dalam peningkatan PKB," cetus Zeira.

     

    Semangat Kuat

     

    Sementara Kadispenda Sumut H Sarmadhan Hasibuan mengatakan, pihaknya memiliki semangat kuat menggali potensi PAD melalui pajak. "Sebelumnya tidak ada maping potensi pajak tapi sekarang telah kita lakukan. Jawa Timur saja sudah 4 tahun lalu maping data. Makanya tembus 70 persen. Kita di Sumut baru siap-siap maping dan memperoleh 40 persen," aku Sarmadhan. Dijelaskannya, rencana R-APBD 2017, ada catatan Gubsu menaikkan pendapatan. Baik dari pajak rokok, pajak bahan bakar dan PKB. "Biaya pembangunan kita masih kekurangan Rp. 1 Triliun. Namun kita punya pembayaran Dana Bagi Hasil (DBH) pajak daerah kepada kab/kota Sumut tahun 2017 senilai Rp. 1,8 Triliun," ungkapnya, seraya menegaskan, untuk PKB ada Keringanan denda pajak kendaraan sebesar 80 persen kepada warga Sumut sesuai Perda Nomor 1/2011.

     

    Sedangkan Staf Dispenda Sumut Victor Lumbanraja menambahkan, setiap bulan ada 23 ribu unit pertumbuhan kendaraan di Sumut. Terdapat penambahan 207 ribu unit pada September 2016 namun pada bulan itu yang menunggak pajak mencapai 300 ribuan orang. "Data kendaraan bermotor di Sumut disambungkan ke Dispenda, Jasa Raharja, Dirlantas dan Kominfo. Sistem kita sudah online kok, servernya di Samsat Jalan SM Raja Medan. Server masuk mulai dari BPKB, ke server STNK dan terkahir ke Samsat," terang Victor. Usai Raker, www.MartabeSumut.com mengkonfirmasi Kadispenda Sumut H Sarmadhan Hasibuan terkait pengurangan denda 80 persen. Menurut Sarmadhan, masyarakat yang belum membayar PKB dapat mendaftar ke Samsat terdekat agar memperoleh surat keringanan denda 80 persen sesuai Perda Sumut Nomor 1/2011. "Kalo pemutihan kurang mendidik. Setelah warga mendaftar, pihak Samsat kirim surat ke Dispenda untuk disetujui keringanan denda 80 persen," ucap Sarmadhan. (MS/BUD)

    Share this

     
     

    Berikan Komentar Anda 'Raker DPRDSU & Dispenda Sumut, Kadispenda: Denda PKB Bisa Dikurangi 80 Persen'


    Memahami UU PERS Nomor 40 tahun 1999

    Akhir-akhir ini banyak kalangan internal (pegiat, organisasi profesi/perusahaan) PERS maupun pihak eksternal (masyarakat/narasumber) yang keliru dan main hakim sendiri saat menilai kinerja PERS.

    Melongok UU Lalu LIntas Nomor 22/2009

    Sampai saat ini pemakai sepeda motor/angkutan umum banyak keberatan/ memperdebatkan UU No 22/2009. Diantaranya pengemudi sepeda motor, yang diwajibkan menghidupkan lampu siang hari.

    3 Media Penyebab Timbulnya Jerawat

    Banyak orang tak menyangka bahwa selain debu yang kerap melekat dalam kulit, ternyata ada 3 media (barang-barang) yang selalu kita pakai dan berisiko menimbulkan jerawat.

    Seks Mau Meningkat, Makan Ikan !

    Anda mau sukses urusan seks? Segara konsumsi ikan ! Sebab ikan memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Riset terbaru menunjukkan, nutrisi yang terkandung dalam ikan membantu menaikkan gairah seks pria.

    MARTABE SUMUT

  • HOME
  • MARTABE TERPANAS
  • KELILING MEDAN
  • YA AKU MENGATAKANNYA
  • NGINTIP DPRDSU
  • OLAHRAGA
  • NASIONAL
  • SOSOK MARTABE
  • DAERAH
  • INDEX BERITA
  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER