Minggu

17 Feb 2019

  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER
  • Kamis, 3 November 2016 | 00:00 WIB

    Telah dibaca 726 kali

    DPRDSU Memanas Pasca-Pilwagubsu: Kolega Menyudutkan, Sutrisno Bilang Menakjubkan !

    Budiman Pardede
    Suasana Sidang Paripurna DPRDSU di gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan. (Foto Dok: www.MartabeSumut.com)

    www.MartabeSumut.com, Medan

     

    Kendati Sidang Paripurna beragenda perubahan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan penandatanganan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RP-APBD) Sumut tahun 2016 sebesar Rp. 10,180 Triliun tuntas dilakukan Gubsu-DPRDSU pada Senin sore (31/10/2016), namun kondisi memanas di gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan akhirnya pecah.

     

    Pantauan www.MartabeSumut.com di gedung Dewan, sebelum penandatanganan KUA-PPAS RP-APBD Sumut tahun 2016, muncul reaksi menyudutkan dari beberapa kolega alias legislator terhadap anggota DPRDSU F-PDIP Sutrisno Pangaribuan, ST, terkait pernyataan di media massa seputar dugaan suap pasca-pemilihan Wagubsu sisa masa jabatan 2013-2018 yang digelar dalam Sidang Paripurna DPRDSU pada Senin sore (24/10/2016).

     

    Kolega Menyudutkan


    Aduhot Simamora, misalnya. Anggota DPRDSU FP-Hanura itu menyesalkan komentar Sutrisno di media massa yang mengancam anggota Dewan dengan melapor ke KPK. "Kami sangat keberatan. Kami minta lembaga DPRDSU mengambil sikap. Ibu Nurhajizah juga keberatan pernyataan dugaan permaian uang dan suap. Kita sangat terganggu. Atas nama FP-Hanura dan pengusung Cawagubsu kami minta ada sikap DPRDSU," katanya. Sementara Ketua F-PAN Syah Afandin alias Ondim mengusulkan Sutrisno memberi klarifikasi langsung dalam forum Paripurna. Mustofawiyah Sitompul lain lagi. "Saya setuju Pak Aduhot, tapi tidak setuju dengan Pak Ondim. Saya tidak setuju ada klarifikasi secara pribadi," aku politisi Demokrat ini. Anggota DPRDSU F-PAN Aripay Tambunan memastikan dirinya tidak ada menerima suap. "Tuduhan itu mencederai saya. Itu sumpah saya," cetusnya. Wakil Ketua F-PKS DPRDSU H Syamsul Qodri Marpaung, Lc menjelaskan, PKS punya 9 kursi di DPRDSU dan mendapat suara 19 suara saat pemilihan Wagubsu. "Maka kami juga risih karena ada 10 suara tambahan. Kami dukung Sutrisno membuka secara terbuka. Ungkap sejelas-jelasnya," imbau Syamsul Qodri. Sedangkan Ramses Simbolon dari FP-Gerindra berpendapat, Sutrisno telah melakukan tindakan tidak patut. Dia meminta BKD DPRDSU memproses Sutrisno Pangaribuan. "Masalah perampasan palu sidang kemarin belum diproses, sekarang muncul lagi pernyataan mengejutkan dugaan suap pemilihan Wagubsu. Kami minta BKD bekerja keras. Harus segera melakukan sidang karena terkesan mencoreng nama lembaga Dewan," pintanya. Politisi F-PKS Burhanuddin Siregar mengaku prihatin sebagai salah seorang panitia pemilihan Wagubsu. "Kami tidak ada sangkut paut soal uang. Kami siap diproses. Jangan kita dipermalukan," ucapnya. Menanggapi protes kalangan legislator, Ketua DPRDSU H Wagirin Arman berjanji akan bicara dengan Sutrisno Pangaribuan. "Saya mengundang Saudara Sutrisno Pangaribuan paling lambat Rabu 1 November 2016 pukul 09.30 WIB di ruang kerja Ketua DPRDSU," ucap Wagirin dalam forum Paripurna.

     

    Sutrisno Bilang Menakjubkan !

     

    Usai Paripurna, Sutrisno menyatakan Paripurna tersebut sangat menakjubkan. "Hari ini saya takjub atas reaksi sejumlah anggota DPRDSU dalam Sidang Paripurna. Seharusnya digelar pagi namun diundur sore karena tidak kuorum. Kenyataan yang kontras dengan Paripurna yang dipaksakan memilih Wagubsu sisa masa jabatan 2013-2018. Semakin surprise karena baru kali ini dalam Sidang Paripurna para anggota DPRD meminta pertanggungjawaban saya perihal berita koran, online, dan medsos," sesal Sutrisno kepada www.MartabeSumut.com, Senin malam (31/10/2016). Wakil Bendahara F-PDIP DPRDSU ini memastikan, semua anggota Dewan yang protes terlalu emosi, atau mungkin lupa bahwa setiap anggota DPRD tidak dapat dituntut atas pernyataan yang berkaitan dengan tugas. "Lalu, mengapa mereka menyudutkan saya? Mereka seperti paduan suara menyatakan mana bukti? Loh, mengapa saya diminta mencari bukti? Nanti KPK tidak memiliki pekerjaan lagi kalau saya harus menunjukkan bukti," sindirnya.

     

    Sutrisno percaya, seluruh pernyataan di media cetak, online dan medsos adalah komentar sadar dilandasi tanggungjawab. "Jadi urusan saya mengembalikan kehormatan lembaga akibat ulah mereka yang secara sah dan meyakinkan terbukti menerima suap dari GPN (mantan Gubsu). Keresahan itulah yang mendorong saya sejak awal menyoroti Pansus Wagubsu dan produknya. Bahkan saya sudah minta agar KPK turut mengawasi proses pemilihan Wagubsu. Sebab saya menduga akan terjadi sesuatu yang tidak lazim. Lalu mengapa mereka bereaksi emosi," heran Sekretaris Komisi C DPRDSU tersebut, seraya menegaskan, tujuan berpendapat untuk membangun demokrasi yang berkeadaban dan bukan menyerang pribadi seseorang. "Saya tak akan pernah berhenti apalagi mundur menyatakan kebenaran. Seluruh informasi terkait dugaan pemberian hadiah dan janji akan saya sampaikan kepada KPK," timpal Sutrisno lagi, sambil memastikan akan memenuhi undangan Ketua DPRDSU Wagirin Arman. (MS/BUD)

    Share this

     
     

    Berikan Komentar Anda 'DPRDSU Memanas Pasca-Pilwagubsu: Kolega Menyudutkan, Sutrisno Bilang Menakjubkan !'


    Memahami UU PERS Nomor 40 tahun 1999

    Akhir-akhir ini banyak kalangan internal (pegiat, organisasi profesi/perusahaan) PERS maupun pihak eksternal (masyarakat/narasumber) yang keliru dan main hakim sendiri saat menilai kinerja PERS.

    Melongok UU Lalu LIntas Nomor 22/2009

    Sampai saat ini pemakai sepeda motor/angkutan umum banyak keberatan/ memperdebatkan UU No 22/2009. Diantaranya pengemudi sepeda motor, yang diwajibkan menghidupkan lampu siang hari.

    3 Media Penyebab Timbulnya Jerawat

    Banyak orang tak menyangka bahwa selain debu yang kerap melekat dalam kulit, ternyata ada 3 media (barang-barang) yang selalu kita pakai dan berisiko menimbulkan jerawat.

    Seks Mau Meningkat, Makan Ikan !

    Anda mau sukses urusan seks? Segara konsumsi ikan ! Sebab ikan memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Riset terbaru menunjukkan, nutrisi yang terkandung dalam ikan membantu menaikkan gairah seks pria.

    MARTABE SUMUT

  • HOME
  • MARTABE TERPANAS
  • KELILING MEDAN
  • YA AKU MENGATAKANNYA
  • NGINTIP DPRDSU
  • OLAHRAGA
  • NASIONAL
  • SOSOK MARTABE
  • DAERAH
  • INDEX BERITA
  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER