Senin

25 Mar 2019

  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER
  • Rabu, 10 Juni 2015 | 00:04 WIB

    Telah dibaca 1034 kali

    Pemkab/Pemko se-Sumut, BWS II & PSDA Diminta Tertibkan Bangunan di DAS

    Budiman Pardede
    Anggota Komisi D DPRDSU Ir Juliski Simorangkir, MM (kiri) dan Zeira Salim Ritonga, SE, saat diwawancarai di gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan. (Foto : MartabeSumut)

    MartabeSumut, Medan

    Pemeritah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemko) se-Sumatera Utara (Sumut) wajib tegas menegakkan aturan tata kelola pengeluaran Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di sempadan Daerah Aliran Sungai (DAS). Sementara pihak Badan Wilayah Sungai (BWS) II Aceh Sumut dan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Alam (PSDA) Sumut harus menertibkan bangunan apapun yang berdiri di kawasan DAS apabila terbukti melanggar Undang Undang (UU), Peraturan Pemerintah (PP) bahkan Peraturan Daerah (Perda).

    Harapan tersebut dilontarkan anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRDSU) Zeira Salim Ritonga, SE dan Ir Juliski Simorangkir, MM, kepada MartabeSumut, usai mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP Komisi D DPRDSU bersama Kepala BWS II Aceh Sumut Pardomuan Gultom dan Kadis Dinas PSDA Sumut Dinsyah Sitompul, Selasa pagi (9/6/2015) di gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan. Menurut Zeira, bila melihat kondisi terkini semisal Kota Medan, maka terlalu banyak bangunan menyalahi aturan berdiri pada bantaran Sungai Deli serta beberapa sungai lainnya. Dia mencontohkan, bangunan hotel, kantor dan perumahan menjadi sesuatu yang jamak terlihat di permukaan. "Hotel Delta di Jalan Juanda, Cambrigde Mall/Hotel di Jalan S Parman Medan dan gedung rumahsakit Columbia Asia di Jalan Listrik Medan. Tiga contoh bangunan itu terang-terangan melanggar aturan dengan mendirikan bangun di kawasan DAS yang  secara hukum sudah diatur 15 Meter kiri dan kanan sungai. Bangunan hanya bisa didirikan 15 Meter dari bibir sungai," singkapnya.

    Ada PP Nomor 38/2011

    Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengungkapkan, berdasarkan aturan PP Nomor 38 tahun 2011 tentang sungai dan garis sepadan sungai dengan bangunan permanen, sepatutnya memiliki rentang jarak 20-30 Meter. Ternyata setelah dilakukan investigasi oleh pihak BWS II, kata Zeira, bangunan Hotel Delta di Jalan Juanda Medan justru mendapat izin dari BWS Pusat. "Aneh sekali kita dengar saat RDP tadi. Kita minta agar kiranya BWS II mempelajari dan meneliti kenapa izin Hotel Delta dikeluarkan dari Pusat. Harusnya izin bangunan adalah wewenang kepala daerah, kenapa BWS juga mengeluarkan," cetusnya tak habis fikir. Zeira berkeyakinan, menyangkut IMB di bantaran DAS, seharusnya ada sinkronisasi pemerintah pusat dan daerah. Sehingga BWS tidak serba salah dan akhirnya menyalahkan Pemkab/Pemko. Dalam waktu dekat atau setelah Idul Fitri, lanjut Zeira, Komisi D DPRDSU segera mengundang pihak-pihak terkait. "Serapan anggaran BWS II untuk Triwulan II April-Juni 2015 sebesar 6 persen dan PSDA Sumut 10 persen. Serapan anggaran BWS rendah karena baru Mei 2015 ada pencairan dana. Banyak pula proyek multiyears yang mereka kerjakan sampai saat ini," akunya.

    Banyak Pipa di Areal Irigasi Kab Batubara

    Pada sisi lain, imbuh legislator asal Dapil Sumut VI Kab Labuhan Batu, Kab Labuhan Batu Utara dan Kab Labuhan Batu Selatan ini, pihaknya di Komisi D DPRDSU juga meminta BWS II dan PSDA Sumut menindak siapa saja yang membangun pipa-pipa "tak jelas" di Kab Batubara pada beberapa wilayah irigasi. Mengacu laporan PSDA Sumut dalam RDP, Zeira mengaku mendapat informasi soal pertambahan irigasi-irigasi baru namun pipa-pipa swasta malah ikut muncul di lokasi irigasi tersebut. "Kuat dugaan, pemasangan pipa-pipa itu menyalahi aturan dan harus ditindak tegas. PSDA mengakui pipa-pipa sangat mengganggu. Makanya akan ada pertemuan dengan Pemkab/Pemko se-Sumut. Bahkan pengusaha yang seenaknya mendirikan perkebunan di kawasan DAS," tutupnya.

    Melanggar Perda Nomor 9/2002

    Hal senada disampaikan Ir Juliski Simorangkir, MM. Bagi politisi Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) itu, setiap bangunan yang berdiri menyalahi aturan di kawasan DAS patut ditertibkan oleh Pemkab/Pemko se-Sumut tanpa pandang bulu. Merujuk Perda Kota Medan Nomor 9 Tahun 2002 tentang IMB, singkap Juliski, maka bangunan Cambrdige dan RS Columbia Medan jelas-jelas tidak diperbolehkan berdiri di sekitar Garis Sempadan Sungai (GSS) Sungai Deli. Wakil rakyat asal Dapil Sumut IX Kab Taput, Kab Tobasa, Kab Humbahas, Kab Samosir, Kab Tapteng dan Kota Sibolga tersebut memastikan, gencarnya pendirian bangunan di kawasan DAS merupakan bukti bahwa Pemko Medan tidak sanggup menegakkan aturan dan bukan mustahil marak terjadi di kab/kota se-Sumut. "Memangnya Walikota Medan, Dinas TRTB Medan dan Polresta Medan dimana sih? Kok semuanya pada diam membiarkan pelanggaran aturan? Kami di Komisi D DPRDSU mengimbau Pemkab/Pemko se-Sumut serta BWS II agar membongkar semua bangunan yang melanggar aturan di kawasan DAS," pinta Juliski dengan nada tinggi. (MS/BUD)

    Share this

     
     

    Berikan Komentar Anda 'Pemkab/Pemko se-Sumut, BWS II & PSDA Diminta Tertibkan Bangunan di DAS'


    Memahami UU PERS Nomor 40 tahun 1999

    Akhir-akhir ini banyak kalangan internal (pegiat, organisasi profesi/perusahaan) PERS maupun pihak eksternal (masyarakat/narasumber) yang keliru dan main hakim sendiri saat menilai kinerja PERS.

    Melongok UU Lalu LIntas Nomor 22/2009

    Sampai saat ini pemakai sepeda motor/angkutan umum banyak keberatan/ memperdebatkan UU No 22/2009. Diantaranya pengemudi sepeda motor, yang diwajibkan menghidupkan lampu siang hari.

    3 Media Penyebab Timbulnya Jerawat

    Banyak orang tak menyangka bahwa selain debu yang kerap melekat dalam kulit, ternyata ada 3 media (barang-barang) yang selalu kita pakai dan berisiko menimbulkan jerawat.

    Seks Mau Meningkat, Makan Ikan !

    Anda mau sukses urusan seks? Segara konsumsi ikan ! Sebab ikan memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Riset terbaru menunjukkan, nutrisi yang terkandung dalam ikan membantu menaikkan gairah seks pria.

    MARTABE SUMUT

  • HOME
  • MARTABE TERPANAS
  • KELILING MEDAN
  • YA AKU MENGATAKANNYA
  • NGINTIP DPRDSU
  • OLAHRAGA
  • NASIONAL
  • SOSOK MARTABE
  • DAERAH
  • INDEX BERITA
  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER