Minggu

17 Feb 2019

  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER
  • Kamis, 25 September 2014 | 00:00 WIB

    Telah dibaca 1825 kali

    Ketua DPRDSU H Ajib Shah: Kita Terus Berjuang Bersama Petani Sumut Selesaikan Kasus Tanah

    Budiman Pardede
    Ketua DPRDSU sementara H Ajib Shah (angkat tangan) saat menerima aspirasi ribuan orang massa SPI Sumut, Rabu siang (24/9/2014) di gedung DPRDSU. (Foto : MartabeSumut).

    MartabeSumut, Medan

     

    Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRDSU) sementara H Ajib Shah, S.Sos, menyatakan, pihaknya di DPRDSU periode 2014-2019 berkomitmen kuat untuk berjuang bersama kalangan petani Sumatera Utara (Sumut) dalam menyelesaikan berbagai kasus sengketa lahan.

     

    Penegasan tersebut dilontarkan Ajib Shah kepada MartabeSumut, tatkala ditanya soal penyelesaian sengketa tanah antara petani dan perusahaan perkebunan di Sumut. Menurut Ajib Shah, upaya koordinasi dengan petani, polisi, perusahaan perkebunan dan pihak-pihak terkait akan memudahkan pencarian jalan keluar terbaik. "Walau alat kelengkapan Dewan belum selesai ditetapkan, tapi kita akan terus berjuang bersama petani Sumut menyelesaikan kasus-kasus sengketa lahan di Sumut," ujar Ajib Shah di hadapan beberapa wartawan yang mengerubunginya, usai memimpin rapat penerimaan aspirasi Serikat Petani Indonesia (SPI) Sumatera Utara (Sumut), Rabu siang (24/9/2014) di Lt I Gedung DPRDSU Jalan Imam Bonjol Medan.

     

    Ketika disampaikan fakta bahwa DPRDSU periode 2009-2014, khususnya Komisi A membidangi hukum/pemerintahan belum pernah menyelesaikan 1 kasus sengketa tanah yang dibawa ke DPRDSU, Ajib memastikan hal tersebut menjadi "PR" bagi anggota Dewan yang baru. Dan saat ditanyakan lagi apa target DPRDSU 2014-2019 kedepannya, Ajib pun memastikan akan menjalin kerjasama dengan petani untuk terus berjuang. "Ya kan bukan kayak main bola Adinda. Kita tidak ada target tapi akan terus berjuang supaya tak ada kasus di lahan petani," ucap Ajib Shah.

     

    Terima Aspirasi SPI Sumut


    Sebelumnya di tempat sama, Ketua DPRDSU Ajib Shah telah menerima 16 perwakilan massa SPI Sumut yang dipimpin Ketuanya Zubaidah. Dalam kesempatan itu, Zubaidah menyampaikan bahwa kasus tanah yang terjadi di Sumut membutuhkan dukungan penyelesaian dari DPRDSU. "Tolong DPRDSU koordinasi dengan kami bila ada perkembangan, masukan atau hal lain menyangkut masalah lahan petani. Apalagi bila DPRDSU bicara dengan Gubsu, BPN, Poldasu atau pihak terkait. Sebab kami merasa terintimidasi dan dkerap dikriminalisasi," cetus Zubaidah.


    Menanggapi komentar tersebut, Kasubdit II Intelkam Poldasu AKBP Suryadi Bahar menyatakan, bila ada penganiayaan/kasus-kasus petani, sebaiknya dilengkapi secara jelas. "Laporan yang saya dengar dari Langkat, Asahan dan Labura, ada dugaan kasus-kasus hukum yang dilaporkan petani. Beri kami gambaran jelas bila ada polisi terlibat. Identifikasi semua masalah. Pastikan nama, pangkat atau apapun. Lalu apa nama perusahaan perkebunan di sana," ingat Suryadi. Dicontohkan Suryadi, sengketa lahan petani di Labura disebut-sebut dengan perusahaan yang tidak punya HGU dan melibatkan polisi untuk mengusir petani. "Benarkah situasinya itu atau bgmn ? Kasih kami data lengkap. Kalau lengkap hari ini, besok saya sampaikan laporan intelijen kepada Kapoldasu," yakin Suryadi.

     

    Membangun Komunikasi

     

    Sementara Ajib Shah merumuskan, semua aspirasi SPI Sumut sudah ditampung DPRDSU. "Lengkapi nomor kontak Saudara-saudara agar kita mudah membangun komunikasi. Perjuangan DPRDSU periode 2014-2019 baru dimulai. Bila memang ada kriminalisasi petani, perusakan lahan dan pembakaran tanaman petani, kasih tahu kami," tutup Ajib Shah. Pantauan MartabeSumut, dari ruang pertemuan itu, Ketua DPRDSU sementara H Ajib Shah (Golkar), Nezar Dzoeli (Nasdem, Effendi Panjaitan (PDIP), Mustofawiyah Sitompul (Demokrat), Ikrimah Hamidy (PKS), Syamsul Bahri Batubara (Golkar) dan Sutrisno Pangaribuan (PDIP) langsung menemui ribuan pengunjukrasa yang ada di luar gedung. Didampingi Humas DPRDSU Rospita Pandiangan, SE, Ajib Shah kembali menyatakan tekad serius di hadapan ribuan orang massa SPI Sumut. "Alat kelengkapan DPRDSU masih sedang dibentuk. Tapi kami akan berjuang bersama petani. Kami akan berjuang menyelamatkan hak-hak warga masyarakat dan rakyat untuk mencari solusi demi kebaikan petani Indonesia. Yakinlah, ini memang periodisasi baru tapi kami bertekad berjuang bersama petani," terang Ajib Shah. Ketua DPD Partai Golkar Sumut itu menjanjikan, DPRDSU siap berada di barisan depan menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi petani. Bila di masa lalu ada kasus-kasus tanah petani yang belum selesai, imbuhnya, tentu saja menjadi "PR" kedepannya bagi anggota DPRDSU 2014-2019. "Kami akan ajak perwakilan SPI selalu berkomunikasi. Begitu pula dengan aparat kepolisian dan semua pihak terkait. Selamat hari Tani Nasional, pulanglah dengan damai dan tertib," imbau Ajib Shah.

     

    Masih berdasarkan pengamatan MartabeSumut, sekira pukul 13.00 WIB ribuan orang belum kunjung membubarkan diri. Hal itu disebabkan kondisi hujan yang turun sehingga membuat pengunjukrasa berteduh di gedung DPRDSU. Barulah setelah hujan reda, sekira pukul 16.00 WIB, demonstran akhirnya membubarkan diri secara teratur memakai beberapa unit bus. Ruas Jalan Imam Bonjol Medan kembali dibuka polisi untuk pengendara umum pada pukul 16.30 WIB. Kemacetan parah sejak pagi-siang juga terjadi di Jalan Pengadlan dan Jalan Maulana Lubis akibat pengalihan/penutupan arus lalulintas yang dilakukan polisi menuju Jalan Imam Bonjol. (MS/BUD)

     

    Share this

     
     

    Berikan Komentar Anda 'Ketua DPRDSU H Ajib Shah: Kita Terus Berjuang Bersama Petani Sumut Selesaikan Kasus Tanah'


    Memahami UU PERS Nomor 40 tahun 1999

    Akhir-akhir ini banyak kalangan internal (pegiat, organisasi profesi/perusahaan) PERS maupun pihak eksternal (masyarakat/narasumber) yang keliru dan main hakim sendiri saat menilai kinerja PERS.

    Melongok UU Lalu LIntas Nomor 22/2009

    Sampai saat ini pemakai sepeda motor/angkutan umum banyak keberatan/ memperdebatkan UU No 22/2009. Diantaranya pengemudi sepeda motor, yang diwajibkan menghidupkan lampu siang hari.

    3 Media Penyebab Timbulnya Jerawat

    Banyak orang tak menyangka bahwa selain debu yang kerap melekat dalam kulit, ternyata ada 3 media (barang-barang) yang selalu kita pakai dan berisiko menimbulkan jerawat.

    Seks Mau Meningkat, Makan Ikan !

    Anda mau sukses urusan seks? Segara konsumsi ikan ! Sebab ikan memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Riset terbaru menunjukkan, nutrisi yang terkandung dalam ikan membantu menaikkan gairah seks pria.

    MARTABE SUMUT

  • HOME
  • MARTABE TERPANAS
  • KELILING MEDAN
  • YA AKU MENGATAKANNYA
  • NGINTIP DPRDSU
  • OLAHRAGA
  • NASIONAL
  • SOSOK MARTABE
  • DAERAH
  • INDEX BERITA
  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER