Sabtu

23 Feb 2019

  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER
  • Rabu, 27 Agustus 2014 | 18:15 WIB

    Telah dibaca 1036 kali

    Tersisa 18 Hari Bertugas, Cuma 36 Anggota DPRDSU Nongol Paripurna

    Budiman Pardede
    Suasana Sidang Paripurna DPRDSU yang dihadiri 36 anggota Dewan, Rabu siang (27/8/2014) di Jalan Imam Bonjol Medan. (Foto : MartabeSumut).

    MartabeSumut, Medan

     

    Tersisa 18 hari lagi masa tugas 100 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRDSU), Sidang Paripurna yang digelar Rabu siang (27/8/2014) di gedung DPRDSU Jalan Imam Bonjol Medan ditandai kehadiran 36 orang legislator. Paripurna kali ini beragenda Pemandangan Umum DPRDSU terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-APBD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun anggaran 2014.

     

    Pengamatan MartabeSumut di gedung Dewan, seperti biasa, Sidang Paripurna kembali molor digelar hingga pukul 11.00 WIB, dari jadwal seharusnya pukul 09.00 WIB. Molornya sidang tidak terlepas dari minimnya kehadiran fisik sang wakil rakyat. Pimpinan sidang Chaidir Ritonga membuka kembali skors Paripurna, berdasarkan sidang sebelumnya yang telah digelar pada Senin siang (25/8/2014) beragenda penyampaian P-APBD Sumut tahun anggaran 2014 oleh Gubsu Gatot Pujo Nugroho. Sebanyak 10 Fraksi DPRDSU akhirnya membacakan pemandangan umum melalui juru bicara masing-masing. Paripurna yang diikuti 36 anggota DPRDSU dan diskors lagi sekira pukul 13.00 WIB, itu tampak dihadiri oleh Wakil Gubsu HT Erry Nuradi. Paripurna berikutnya dijadwalkan pada hari Kamis besok 28 Agustus 2014. Saat itu Gubsu akan memberikan jawaban terhadap Pemandangan Umum anggota Dewan atas nama Fraksi-fraksi terhadap Rancangan Perubahan APBD Sumut 2014. Untuk diketahui, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Gatot Pujo Nugroho mengusulkan kenaikan nilai nominal P-APBD Sumut tahun anggaran 2014 sebesar 2 persen atau Rp. 170. 628.925.604. Nilai murni APBD Sumut sebesar Rp. Rp. 8.526.300.954.643 akan naik sebesar 2 persen sehingga menjadi Rp. 8.696.929.880.247. "Berdasarkan perbandingan jumlah proyeksi pendapatan daerah dengan rencana belanja daerah, maka pada rancangan perubahan APBD Sumut tahun 2014 ini diperkirakan mengalami defisit anggaran sebesar Rp. 51.426.062.192," ungkap Gubsu.

     

    Paripurna Tatib Dihadiri 15 Legislator

     

    Seperti diberitakan MartabeSumut, pada Senin (25/8/2014) kemarin Paripurna DPRDSU) telat 2 jam lantaran susah qorum kehadiran anggota Dewan. Lalu saat Paripurna pembahasan Tata Tertib (Tatib) yang digelar Selasa pagi (26/8/2014), sebanyak 85 orang tidak ada di tempat alias mangkir. Paripurna pembahasan Tatib pun ditunda untuk waktu yang ditentukan kemudian. Masih berdasarkan pantauan MartabeSumut di gedung Dewan, hingga pukul 11.00 WIB jumlah anggota DPRDSU yang hadir sebanyak 15 orang. Saat dilakukan penghitungan berdasarkan kursi pimpinan maupun anggota, bangku pimpinan yang terlihat cuma diisi 1 orang sedangkan kursi anggota diduduki 14 orang. Pada pukul 11.05 WIB, Wakil Ketua DPRDSU Chaidir Ritonga akhirnya mengetukkan palu pertanda sidang dibuka dan untuk dibatalkan. "Karena Forum Paripurna tidak qorum, maka sidang ditunda untuk waktu yang diatur kemudian," ujarnya.

     

    Enggan Beri Komentar

     

    Terpisah, MartabeSumut mengkonfirmasi situasi tersebut kepada beberapa anggota DPRDSU. Diantaranya politisi Partai Golkar Sudirman Halawa, politisi Demokrat Ramli, politisi PKS M Nasir dan politisi Demokrat Jamaluddin Hasibuan. Keempat anggota Dewan terlihat enggan memberi komentar secara jelas dan terbuka. "Saya juga gak tahu kenapa mereka tak datang. Sebab saya hadir tapi Paripurna tidak qorum," ujar Sudirman. Sementara Ramli mengatakan situasi penundaan akibat tidak qorum adalah kondisi normatif. Menurutnya, Paripurna beragenda pembahasan Tatib bertujuan memperbaiki isi Tatib yang tumpang tindih dengan produk aturan lainnya. "Normatif aja, bisa dijadwalkan lagi nanti," tepisnya. Sedangkan M Nasir mengaku heran dengan ketidakhadiran koleganya sehingga Paripurna diitunda. "Gak tahu juga apa alasan kawan-kawan," akunya. Hal senada disampaikan Jamaluddin Hasibuan. "Kalau ditanya kemana mereka, ya saya gak tahu dong. Tapi saya hadir kok. Bagi saya, tanggungjawab tugas yang baik itu harus tercermin dari awal sampai akhir," cetusnya diplomatis. Pada kesempatan lain, MartabeSumut mengkonfirmasi Humas DPRDSU Rospita Pandiangan, SE. Menurut Rospita, kehadiran 15 orang anggota DPRDSU membuat Paripurna Tatib ditunda dan akan dijadwal ulang. "Saya dengar dari pimpinan rencananya dijadwalkan pada 1 September 2014," ungkap Rospita.


    Telat 2 Jam Karena Susah Qorum

     

    Patut diketahui juga, pada Sidang Paripurna DPRDSU yang digelar Senin (25/8/2014), Ketua DPRDSU Saleh Bangun baru bisa membuka sidang pada pukul 11.15 WIB. Telat 2 jam lebih dari jadwal seharusnya pukul 09.00 WIB lantaran susah qorum kehadiran anggota Dewan. Sekretaris DPRDSU Drs H Randiman Tarigan, MAP, membacakan absensi kehadiran 59 anggota DPRDSU dari total keseluruhan 100 orang. Jumlah itu memenuhi unsur Tatib Dewan untuk sahnya memulai Paripurna 1/2 n + 1 atau minimal 51 orang.

     

    Memasuki agenda pembahasan ke-2 dan ke-3 Sidang Paripurna, kala itu, Sekwan DPRDSU Randiman Tarigan kembali membeberkan jumlah kehadiran fisik anggota DPRDSU yang cuma 68 orang. Jumlah tersebut memang memenuhi unsur Tatib dalam pengambilan keputusan dalam Paripurna, atau 2/3 dari jumlah anggota DPRDSU (minimal kehadiran fisik 66 anggota DPRDSU). Dari rentetan fakta miris empiris di atas, banyaknya anggota DPRDSU masa bakti 2009-2014 yang tidak duduk lagi disebut-sebut jadi alasan kuat sikap mangkir para wakil rakyat. Apalagi, pelantikan anggota DPRDSU masa bakti 2014-2019 yang direncanakan 15 September 2014 kian dekat atau tersisa 18 hari lagi bagi pejabat lama. Jadwal ini tentu saja merupakan konsekwensi logis yuridis formil Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April 2014 yang menghasilkan 75 persen wajah baru mengisi kursi "gedung Imam Bonjol" untuk 5 tahun kedepan. (MS/BUD)

    Share this

     
     

    Berikan Komentar Anda 'Tersisa 18 Hari Bertugas, Cuma 36 Anggota DPRDSU Nongol Paripurna'


    Memahami UU PERS Nomor 40 tahun 1999

    Akhir-akhir ini banyak kalangan internal (pegiat, organisasi profesi/perusahaan) PERS maupun pihak eksternal (masyarakat/narasumber) yang keliru dan main hakim sendiri saat menilai kinerja PERS.

    Melongok UU Lalu LIntas Nomor 22/2009

    Sampai saat ini pemakai sepeda motor/angkutan umum banyak keberatan/ memperdebatkan UU No 22/2009. Diantaranya pengemudi sepeda motor, yang diwajibkan menghidupkan lampu siang hari.

    3 Media Penyebab Timbulnya Jerawat

    Banyak orang tak menyangka bahwa selain debu yang kerap melekat dalam kulit, ternyata ada 3 media (barang-barang) yang selalu kita pakai dan berisiko menimbulkan jerawat.

    Seks Mau Meningkat, Makan Ikan !

    Anda mau sukses urusan seks? Segara konsumsi ikan ! Sebab ikan memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Riset terbaru menunjukkan, nutrisi yang terkandung dalam ikan membantu menaikkan gairah seks pria.

    MARTABE SUMUT

  • HOME
  • MARTABE TERPANAS
  • KELILING MEDAN
  • YA AKU MENGATAKANNYA
  • NGINTIP DPRDSU
  • OLAHRAGA
  • NASIONAL
  • SOSOK MARTABE
  • DAERAH
  • INDEX BERITA
  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER