Sabtu

20 Apr 2019

  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER
  • Minggu, 24 November 2013 | 21:15 WIB

    Telah dibaca 4021 kali

    Cucian Mobil di Medan "Meledak" Akibat Badai Abu Vulkanik Gunung Sinabung

    Dekson H
    Doorsmeer "meledak" order cucian mobil pasca-badai abu vulkanik di Medan, Minggu (24/11/2013) di lokasi Jalan Bakti Medan. (Foto: MartabeSumut).

    MartabeSumut, Medan

     

    Doorsmeer atau jasa cucian mobil yang ada di Medan "meledak" alias kebanjiran order setelah badai abu vulkanik Gunung Sinabung melanda Medan sejak Sabtu malam (23/11/2013). Keuntungan yang diperoleh pun meningkat tajam sampai 100 persen dibanding hari biasa. Bahkan, tak sedikit order ditolak mengingat terbatasnya tenaga kerja doorsmeer.

     

    Hendra, pemilik doorsmeer Ablawa yang terletak di Jalan AR Hakim/Bakti, mengatakan, usaha cuci mobil miliknya mulai kebanjiran order sedari Minggu pagi sampai sore hari, (24/11/2013). Saking banyaknya mobil yang masuk, kata Hendra, pihaknya kekurangan anggota untuk melakukan tugas pembersihan. "Kebanyakan mobil pelanggan dipenuhi abu tebal. Kayaknya sih abu vulkanik Gunung Sinabung," akunya kepada MartabeSumut, Minggu sore (24/11/2013) di lokasi pencucian. Dengan jumlah anggota sebanyak 9 orang, Hendra menyatakan sudah menolak order pada pukul 14.00 WIB. "Ya dengan sangat menyesal kami terpaksa menolak mereka karena kondisinya belum memungkinkan. Sebab masih banyak mobil yang antre dan itu membutuhkan waktu juga nanti," beber Hendra.

     

    Hari Biasa 50 Unit

     

    Dia menjelaskan, 9 orang tenaga doorsmeer yang dimiliki sekarang adalah pegawai tetap dengan gaji bulanan. Semua pegawai mulai bekerja efektif sejak pukul 06.00 WIB- 18.00 WIB dengan capaian cucian mobil sebanyak 50 unit/hari biasa dan 80 unit setiap hari Sabtu, Minggu dan Senin. Sementara tarif mobil sekali cuci dikenakannya Rp. 35.000/mobil. "Hari yang ramai itu biasanya Sabtu, Minggu dan Senin. Tapi setelah badai abu vulkanik Gunung Sinabung tadi malam, pelanggan saya meningkat tajam 100 persen," ujarnya tersenyum. Meningkatnya order cucian ditegaskan Hendar kerap terjadi saat 5 hari sebelum dan 5 hari setelah perayaan hari besar keagamaan semisal Lebaran, Natal atau Tahun Baru. Hendra menambahkan, selain usaha cuci mobil yang menggunakan sistem hidrolik dan sabun salju jenis khusus, dirinya juga menerima order ganti oli, jual beli onderdil mobil, asesoris serta jasa perbengkelan kecil sesuai kesediaan tenaga montir. "Sebelum dan setelah libur hari besar keagamaan memang lumayan keuntungan kami. Tapi badai abu vulkanik Gunung Sinabung di Medan telah membuat order cucian mobil kian "meledak" mengalahkan keuntungan lumayan," ucapnya gembira, sembari menolak merinci keuntungan namun memperkirakan moil yang sudah dilayani mencapai 100 unit.

     

    Abu Vulkanik dari Gunung Sinabung

     

    Sebelumnya, Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Metrologi Klimatologi Geovisika (BMKG) Sumatera Utara Hendra Suwarta, memastikan, badai abu yang melanda Kota Medan sejak Sabtu malam hingga Minggu adalah sebaran dari kawah Gunung Sinabung di Kab Tanah Karo. "Hujan abu di Medan tadi malam memang dari Gunung Sinabung," ujarnya kepada MartabeSumut, Minggu siang (24/11/2013). Berdasarkan pemantauan BMKG, katanya, arah angin yang berhembus mengakibatkan abu vulkanik sampai ke Kota Medan.

     

    Pasca-ledakan Gunung Sinabung, kondisi cuaca Kota Medan pada Sabtu malam benar-benar dipenuhi badai abu. Pantauan MartabeSumut tadi malam di ruas Jalan Juanda, Jalan SM Raja, Jalan Brigjen Katamso dan Jalan Djamin Ginting Medan, setidaknya beberapa ruas jalan protokol itu terlihat seperti dipenuhi kabut asap. Pengendara umum tampak melintas lambat karena pandangan yang terbatas, sedangkan yang memakai sepeda motor menutup mulut mereka dengan masker atau sapu tangan. Sekira jam 23.15 WIB, beberapa lembaga kemanusiaan turun ke jalan mebagi-bagikan masker kepada pengendara umum yang melintas. "Kayaknya ini bukan asap dari hutan yang terbakar tapi abu Gunung Sinabung," kata Veronika S tadi malam kepada MartabeSumut, saat melintas di Jalan SM Raja. Warga Medan itupun mengaku ingin cepat sampai di rumahnya Jalan Denai karena badai abu yang muncul tiba-tiba di Kota Medan membuat mata perih dan pernafasan sesak. Sejumlah kendaraan yang terparkir di Jalan SM Raja, Jalan Brigjen Katamso dan Jalan Juanda juga dipenuhi abu yang cukup tebal menempel di kendaraan.

     

    Masih berdasarkan pengamatan MartabeSumut, Minggu sore (24/11/2013) pada sejumlah ruas jalan protokol Kota Medan, hampir semua kendaraan masyarakat yang melintas dan parkir di kawasan terbuka tampak dipenuhi abu. Satu pemandangan yang tidak lajim terlihat di Kota Medan kendati aktivitas Gunung Sinabung sudah mulai aktif sejak beberapa bulan terakhir. Perlu diketahui pula, jarak Kota Medan dengan Gunung Sinabung yang terletak di Kab Tanah Karo, itu diperkirakan mencapai 80 Km.(MS/DEKSON)

    Share this

     
     

    Berikan Komentar Anda 'Cucian Mobil di Medan "Meledak" Akibat Badai Abu Vulkanik Gunung Sinabung'


    Memahami UU PERS Nomor 40 tahun 1999

    Akhir-akhir ini banyak kalangan internal (pegiat, organisasi profesi/perusahaan) PERS maupun pihak eksternal (masyarakat/narasumber) yang keliru dan main hakim sendiri saat menilai kinerja PERS.

    Melongok UU Lalu LIntas Nomor 22/2009

    Sampai saat ini pemakai sepeda motor/angkutan umum banyak keberatan/ memperdebatkan UU No 22/2009. Diantaranya pengemudi sepeda motor, yang diwajibkan menghidupkan lampu siang hari.

    3 Media Penyebab Timbulnya Jerawat

    Banyak orang tak menyangka bahwa selain debu yang kerap melekat dalam kulit, ternyata ada 3 media (barang-barang) yang selalu kita pakai dan berisiko menimbulkan jerawat.

    Seks Mau Meningkat, Makan Ikan !

    Anda mau sukses urusan seks? Segara konsumsi ikan ! Sebab ikan memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Riset terbaru menunjukkan, nutrisi yang terkandung dalam ikan membantu menaikkan gairah seks pria.

    MARTABE SUMUT

  • HOME
  • MARTABE TERPANAS
  • KELILING MEDAN
  • YA AKU MENGATAKANNYA
  • NGINTIP DPRDSU
  • OLAHRAGA
  • NASIONAL
  • SOSOK MARTABE
  • DAERAH
  • INDEX BERITA
  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER