Minggu

16 Des 2018

  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER
  • Sabtu, 26 Oktober 2013 | 17:27 WIB

    Telah dibaca 1871 kali

    Terkait Pilkada Kab Deli Serdang, Pleno Penghitungan Suara di Kec Labuhan Deli Ricuh

    Heriyanto
    Masyarakat salah satu daerah di Provinsi Sumut sedang mewujudkan hak pilih di TPS dalam satu pentas pesta demokrasi Pilkada. (Foto: Google).

    MartabeSumut, Labuhan Deli


    Rapat Pleno penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Deli Serdang periode 2014-2019 di Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang ricuh, Sabtu (26/10/2013). Pasalnya, tiga orang saksi dari calon nomor 6, 7 dan 8 keberatan dengan tindakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Labuhan Deli yang membuka kotak suara asal Desa Manunggal tanpa diketahui para saksi sebelum rapat Pleno dimulai.


    Pantauan MartabeSumut, akibat hal tersebut ketegangan antara para saksi dan PPK terjadi. Mereka menolak Pleno diadakan sebelum pihak PPK membuat berita acara terkait peristiwa kotak suara yang disegel telah dibuka tanpa disaksikan oleh para saksi dari pasangan para calon. Untuk menenangkan situasi, pihak PPK pun menyetujui membuat surat pernyataan yang dimintakan para saksi. Surat yang ditulis dengan tangan tersebut ditanda tangani oleh ketua PPK M Yusuf MSi dan beberapa saksi. Namun para saksi dari tiga pasangan tetap saja menolak rapat Pleno dan memilih walk out (keluar sidang).


    Keterangan diperoleh MartabeSumut dari Aldiansyah, salah satu saksi pasangan nomor urut 6, sekira pukul 08.30 WIB pihaknya menemukan anggota PPK bernama Almuhazir, ST membuka kotak suara yang disegel sebelum acara pleno dimulai. "Kita menemukan dia (Almuhazir-Red) sedang membuka kotak suara dari Desa Manunggal kira-kira pukul 08.30 WIB. Saat kita tanyakan, dia mengatakan mau memasukan form D-1 yang tertinggal diluar. Inikan gak masuk akal namanya. Masak dia buka kotak suara yang disegel tanpa disaksikan para saksi," sesal Aldiansyah.


    Proses Hukum


    Oleh sebab itu, lanjut Aldiansyah, pihaknya dengan tegas meminta agar yang bersangkutan diproses secara hukum. Apalagi Almuhazir dipastikannya telah melakukan pelanggaran UU Pemilu. "Kita minta pihak yang terkait untuk segera melakukan proses hukum, ini sudah jelas melanggar aturan Pemilu," ingatnya.

     

    Terpisah, M Yusuf, MSi, Ketua PPK Kec Labuhan Deli yang dikonfirmasi MartabeSumut, membenarkan peristiwa pembukaan kotak suara yang berasal dari Desa Manunggal. Menurut Yusuf, hal itu dilakukan karena form D-1 tertinggal diluar. "Memang kita buka kotak suara yang disegel. Kami melakukannya karena bertujuan memasukan form D-1 yang lupa dimasukan pihak PPS Desa Manunggal," ucapnya. Namun Yusuf menyangkal kalau keputusan membuka kotak suara itu bermaksud melakukan permainan data untuk memenangkan salah satu pasangan calon. "Kita tidak mengubah data yang ada sewaktu membuka kotak suara. Sebab disaksikan oleh pihak kepolisian bernama Bripka Waluyo yang memang bertugas menjaga kotak suara. Jadi tidak mungkin kita ada melakukan hal yang lain," tepisnya.

     

    Siap Bertanggungjawab

     

    Pada sisi lain, Yusuf pun menyatakan siap mempertanggung jawabkan semua yang terjadi hari ini. Baik secara administratif maupun dugaan pelanggaran hukum. "Yang mereka minta sudah kita berikan.Jadi kalau ini melanggar hukum biarkan saja Panwas dan pihak kepolisian yang menilai. Kita akan siap memberikan keterangan," cetusnya. Menyingng aksi para saksi yang walk out saat rapat Pleno, Yusuf mengatakan merupakan hak setiap para saksi untuk tidak mengikuti bahkan menandatangani berita acara. Kalau pada akhirnya saksi tidak mau menanda tangani hasil rapat Pleno penghitungan suara, Yusuf menganggapnya biasa sebab dalam peraturan Pemilu tidak ada kewajiban para saksi harus menandatangani berita acara pleno.

    Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Labuhan Deli Rudianto S mengatakan, pihaknya telah menerima laporan saksi dari pasaangan nomor urut 6 dan akan diproses sesuai aturan. "Kita sudah menerima laporan dari saksi nomor 6 tentang dugaan adanya pelanggaran Pemilu. Kami sedang berkordinasi dengan pihak Panwas Kabupaten Deli Serdang. Sejah ini kita coba menjerat anggota PPK tersebut dengan UU Perbawaslu Nomor 2 tahun 2002," tegas Rusdianto.


    Pasangan AZAN Menang di Kec Labuhan Deli


    Masih berdasarkan pantauan MartabeSumut, hasil rapat Pleno penghitungan suara di Kecamatan Labuhan Deli memunculkan kemenangan pasangan nomor urut 1 Ashari Tambunan dan Zainuddin Mars (AZAN). Pasangan AZAN unggul dari 10 pasangan lain dengan perolehan  suara 6.787. Pasangan ini juga unggul pada 5 desa yang ada di Kecamatan Labuhan Deli. Sedangkan diperingkat ke-2 diraih pasangan nomor urut 6 TA Tala'a dan Hardi Mulyono (ABDI) dengan raihan suara 2.279. Sedangkan pasangan nomor urut 5 Musdalifah dan Saiful Safri (MUSA) menempati posisi ke-3 dengan jumlah suara 2.182.(MS/HERI)


     
     
    Kirim Komentar Anda
     
    Nama :
    Kota :
    Email :
    Komentar :
       
     

     
    (Masukkan 6 kode di atas)

     

       
     


    Memahami UU PERS Nomor 40 tahun 1999

    Akhir-akhir ini banyak kalangan internal (pegiat, organisasi profesi/perusahaan) PERS maupun pihak eksternal (masyarakat/narasumber) yang keliru dan main hakim sendiri saat menilai kinerja PERS.

    Melongok UU Lalu LIntas Nomor 22/2009

    Sampai saat ini pemakai sepeda motor/angkutan umum banyak keberatan/ memperdebatkan UU No 22/2009. Diantaranya pengemudi sepeda motor, yang diwajibkan menghidupkan lampu siang hari.

    3 Media Penyebab Timbulnya Jerawat

    Banyak orang tak menyangka bahwa selain debu yang kerap melekat dalam kulit, ternyata ada 3 media (barang-barang) yang selalu kita pakai dan berisiko menimbulkan jerawat.

    Seks Mau Meningkat, Makan Ikan !

    Anda mau sukses urusan seks? Segara konsumsi ikan ! Sebab ikan memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Riset terbaru menunjukkan, nutrisi yang terkandung dalam ikan membantu menaikkan gairah seks pria.

    MARTABE SUMUT

  • HOME
  • MARTABE TERPANAS
  • KELILING MEDAN
  • YA AKU MENGATAKANNYA
  • NGINTIP DPRDSU
  • OLAHRAGA
  • NASIONAL
  • SOSOK MARTABE
  • DAERAH
  • INDEX BERITA
  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER