Kamis

18 Apr 2019

  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER
  • Kamis, 6 Desember 2012 | 21:37 WIB

    Telah dibaca 1785 kali

    LSM Dewan PERS Sumut Taja Panel Diskusi Pilgubsu,Plt Gubsu Ingatkan Perbedaan Bukan untuk Perpecahan

    sumardi tanjung
    Plt Gubsu yang diwakili Muhammad dari Kesbangpol Linmas Sumut memberikan amanah saat membuka kegiatan Panel Diskusi, Kamis pagi (6/12) di Stabat Langkat. (Foto: MartabeSumut).

    Plt Gubsu : Panel Diskusi Merupakan Kegiatan yang Sangat Strategis dalam Menyongsong Pilkada Sumut

     

    MartabeSumut, Stabat

     

    Perbedaan  berdemokrasi adalah hukum alam. Namun perbedaan dalam pelaksanaan Pilkada khususnya menghadapi Pilgubsu 7 Maret 2013 mendatang jangan dijadikan ajang perpecahan apalagi sampai mengacam keutuhan bangsa.

     

    Hal itu diungkapkan Plt Gubsu H Gatot Pujo Nugroho dalam amanahnya yang dibacakan Muhammad dari Kesbangpol Linmas Sumut, saat membuka secara resmi kegiatan Panel Diskusi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat menyambut Pilgubsu 2013 yang digelar Lembaga Swadaya Masyarakat Derap Wartawan dan Pusat Edukasi Rencana Sosial Sumatera Utara (LSM Dewan PERS Sumut) bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Sumut, Kamis pagi (6/12) di Stabat Langkat. Menurut pandangan Plt Gubsu, kegiatan Panel Diskusi merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam menyongsong Pilkada Sumut 7 Maret 2013. "Atas nama Pemprovsu saya mengucapkan terima kasih atas terselengaranya acara ini," ujar Plt GUbsu.


    Plt Gubsu berharap, acara sejenis dapat dijadikan sebagai wahana untuk saling menghargai dan menghormati perbedaan sehingga potensi-potensi konflik terkait Pilkadsu bisa dihindari. Gatot juga memaparkan bahwa tahun 2012 ini tingkat pertumbuhan ekonomi Sumut meningkat 6 persen. Sehingga prestasi-prestasi yang diraih Sumut harus dipertahankan bahkan ditingkatkan terus untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Sumut. Sebelumnya, Drs H Raudin Purba, Pembina LSM Dewan PERS Sumut, dalam sambutannya mengajak seluruh warga Sumut untuk menggunakan hak politik secara benar dengan memilih calon sesuai hati nurani masing-masing. "Saya berharap jangan ada yang Golput," imbaunya.

     

    Gunakan Hak Pilih Secara Benar

     

    Raudin menjelaskan, masyarakat hendaknya menggunakan hak pilih secara benar sebab jika salah memilih maka berimplikasi buruk 5 tahun ke depan. "Jadi mari kita pilih calon yang menurut pendapat kita bisa amanah bagi semua golongan dan lapisan," ujar Raudin. Dia juga mengingatkan agar pemilih jangan memilih lantaran ada yang memberikan sesuatu. Namun melakukan hak pilih dikarenakan sesuai keputusan nurani terhadap sosok pemimpin yang benar-benar dianggap mampu membawa warga Sumut ke gerbang kesejahteraan. Raudin sempat pula memaparkan bahwa awal berdirinya LSM Dewan PERS Sumut, banyak pihak yang bertanya-tanya tentang sepakterjang dan kegiatan LSM. Namun berkat kiprah serta kegiatan positif yang dengan mendepankan perjuangan tampa pamrih dan memberikan pendidikan/pelatihan publik, LSM Dewan PERS Sumut mulai mendapat perhatian berbagai pihak.

     

    Sebelumnya Sulistyanto, dari Kesbang Linmas Pemkab Langkat yang mewakili Bupati Langkat, dalam pengarahannya mengingatkan, untuk memilih pemimpin itu sangatlah penting tapi dalam memilih sebaiknya benar-benar yang mampu memimpin Sumut. Sementara itu, acara yang dimoderatori Ketua LSM Dewan PERS Sumut Budiman Pardede S.Sos, menampilkan 3 pembicara lain. Meliputi; Ketua Presidium Pusat Persatuan Rakyat Desa (Parade) Nusantara H Sudir Santoso, SH, MH, Kepala Kesbangpol Linmas Sumut yang dibawakan Drs Sudarto Purba, MAP dan Dinas Kominfo Sumut oleh Drs Ahmad Syam, MA.

     

    Kegiatan Panel Diskusi partisipasi warga memasuki Pilgubsu 2013 tampak diikuti berbagai kalangan seperti pelajar, tokoh OKP, LSM, serta beberapa elemen masyarakat. Ratusan peserta tampak antusias mengajukan pertanyaan-pertanyaan setelah semua narasumber menyampaikan pemaparan makalah. Tampak hadir dalam kegiatan itu Kadis Kominfo Sumut Dr Asren Nasution, MA, Bupati Langkat Ngogesa Sitepu diwakili Kaban Kesbangpol Linmas Langkat Sulistianto, Ketua Parade Nusantara Sumut Indah, Ketua GRIB Sumut Darwin Syamsul dan undangan lainnya. (MS/SUMARDI)


    Berikut Kegiatan 'Curhat' LSM Dewan PERS Sumut Tahun 2011 di Medan

     

    Ratusan Siswa SMU & Mahasiswa Apresiasi 'Curhat' Kadarkum Dewan PERS Sumut

    Kiri-Kanan: Kasubdit Reserse Umum Poldasu AKBP Jidin Siagian, SH, MH, Staf Ahli Walikota Medan HM Rasyid, SH, Pembina Dewan PERS Sumut Ramli & Budiman Pardede, S.Sos/Moderator.(Foto: MartabeSumut).

     

    Peserta Minta Dewan PERS Sumut Selenggarakan Kegiatan Sejenis di Sekolah/Kampus

    Kadis Kominfo Sumut Dr Asren Nasution, MA: Bangkitkan Militansi Pemuda..!

     

    MartabeSumut, Medan



    Ratusan peserta Curahan Hati (Curhat) Kesadaran Hukum (Kadarkum) generasi muda menyampaikan apresiasi mendalam terhadap kegiatan yang digelar Derap Wartawan dan Pusat Edukasi Rencana Sosial Sumatera Utara atau disingkat Dewan PERS Sumut, Sabtu pagi (10/12) di gedung Convention Hall Ruang Royal Narwastu I Medan. Peserta yang datang dari unsur SMU dan Universitas di Medan, terlihat benar-benar 'Curhat' kepada beberapa narasumber yang bicara memaparkan pemikirannya. Peserta merujuk 3 angel kajian kegiatan menyangkut persoalan penegakan hukum seputar penyalahangunaan Narkoba, dampak negatif seks bebas hingga mental berlalulintas di jalan raya. "Saya kagum dengan pihak Dewan PERS Sumut yang melaksanakan kegiatan ini. Saya baru sekali mengikuti acara-acara begini. Tapi masalah-masalah yang kami rasakan di luar sana bisa kami sampaikan terbuka kepada polisi maupun pemerintah terkait. Kalau bisa dilakukan di sekolah kami pak," kata Elisabet Sinaga, Siswi SMU Trisakti Medan, dalam kesan dan pesan mewakili peserta SMU.

    Hal senada dilontarkan Faizal dalam pesan dan kesannya mewakili unsur mahasiswa. Menurut Faizal, sudah sepantasnya organisasi sosial dan lembaga-lembaga lain meniru gebrakan Dewan PERS Sumut yang benar-benar menjalankan misi berkarya dan berbakti untuk kepentingan pendidikan/pembekalan wawasan generasi muda dan masyarakat yang sadar hukum. Mahasiswa Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Wasliyah Medan itu menegaskan, Dewan PERS Sumut harus diberi acungan jempol atas kiprah programnya yang bermanfaat bagi orang banyak. "Ini baru kegiatan namanya. Saya salut terhadap pelaksanaan Curhat generasi muda sekarang. Sebab di forum inilah saya bisa menyampaikan uneg-uneg yang saya rasakan selama ini. Banyak sekali oknum polisi yang menyimpang dalam menjalankan tugas-tugasnya. Kami harap Dewan PERS Sumut mau memotori kegiatan serupa di kampus UMN supaya penyimpangan oknum polisi itu semakin bisa dibuka ke publik," pintanya.


    Bangkitkan Militansi Pemuda

    Kepala Dinas Kominfo Sumut Dr Asren Nasution, MA, yang memaparkan makalah, terlihat menampilkan ekspresi seorang pemakalah tanpa gaya formal. Melainkan bicara secara lepas, tegas, bebas dan bersahaja. Asren berhasil membuat ratusan peserta terpesona atas materi yang disampaikan. "Karena ini ajang Curhat, ya saya benar-benar Curhat juga sekarang. Coba kita bayangkan, sekarang militansi pemuda sudah banyak memudar. Saatnya adek-adek sekalian membangkitkan militansi muda yang tangguh," imbau Asren. Dijelaskannya, militansi itu harus dipahami sebagai semangat, gairah dan keteguhan hati untuk melakukan hal-hal positif sekaligus berusaha keras mewujudkannya. Dia mencontohkan, para pendiri negara sepeti Ki Hajar Dewantara dan Panglima Besar Jenderal Soedirman, merupakan sosok-sosol muda yang memiliki militansi tinggi membangun negara di usia yang relatif sangat muda. "Saat hadir sebagai pejuang, usia mereka ada yang 19 bahkan 25 tahun. Kita sekarang harus malu dengan usia yang jauh di atas mereka justru belum bisa memberi apa-apa terhadap bangsa dan daerah. Mari bangkitkan militansi pemuda seperti pejuang-pejuang kita terdahulu," ingat Asren, yang diikuti tepuk tangan peserta.


    Penceramah Tampil Memukau

    Pantauan MartabeSumut di lokasi, sebelumnya beberapa penceramah yang hadir juga berhasil memukau para peserta. Diantaranya, Kasubdit Reserse Umum Poldasu AKBP Jidin Siagian, SH, MH, (mewakili Kapoldasu), Kasat Bimas Polresta Medan Kompol A Hutauruk (mewakili Kapolresta Medan), Staf Ahli Walikota HM Rasyid, SH (mewakili Walikota Medan) dan pejabat Kanwil Hukum/HAM Sumut Dartimnov MT Harahap, SH, (mewakili Kakanwil Hukum/HAM Sumut). Sementara pihak Pemprovsu yang seharusnya bicara adalah Kepala Biro Hukum Setdaprovsu Abdul Jalil, SH. Tetapi malah tidak 'nongol' sampai acara berakhir. Padahal, Kepala Bagian Protokol Pemprovsu, Zakaria, yang dikonfirmasi panitia 1 hari sebelum acara, memastikan Kepala Biro Hukum Setdaprovsu Abdul Jalil, SH, yang bakal hadir. Namun apa yang dikatakan Zakaria tidak terbukti hingga kegiatan ditutup. "Ya, nanti Pak Kepala Biro Hukum yang mewakili Gubsu," katanya. Kondisi serupa juga terjadi dengan pembicara dari institusi yuridis Kejatisu. Materi yang sudah diberikan Kajatisu kepada panitia sejak 3 hari jelang kegiatan, ternyata tidak memunculkan sosok penceramah mewakili Kajatisu tanpa alasan jelas.


    Raudin dan Diki Ikut Bicara


    Pada sisi lain, undangah khusus panitia, yang merupakan anggota DPRDSU, T Dirkhansyah Abu Subhan Ali, SE, Ak dan Drs H Raudin Purba, berkenan berbagi pengalaman kepada ratusan peserta. Keduanya berbicara soal semangat muda yang tidak boleh luntur dalam menyahuti kemajuan zaman di era kekinian. "Ada 2 hal mendasar yang selalu saya pegang dan pantas ditiru generasi muda supaya terwujud tema kegiatan Curhat ; sadar, benar dan bersinar. Yaitu jiwa sabar dan syukur," ungkap Raudin, sang politisi asal PKS. Sedangkan T Dirkhansyah Abu Subhan Ali, SE, Ak, yang akrab disapa Diki, itu mengimbau generasi muda agar terus belajar memperbaiki diri dan mematuhi aturan hukum dalam aktivitas maupun kehidupan sehari-hari. "Jangan pernah berhenti belajar. Lakukan yang terbaik demi masa depan yang bersinar di kemudian hari," imbau mantan aktivis HMI tersebut.


    Menariknya, kendati semua narasumber yang Curhat tampak berapi-api, toh peserta SMU dan mahasiswa tidak kalah bersemangat. Saat sesi tanya jawab digelar, para peserta kerap kali melontarkan masalah-masalah sosial yang dianggap merusak citra aparat, pemerintah daerah dan institusi penegakan hukum. Mulai dari maraknya peredaran Narkoba dan seks bebas di kawasan hiburan, hingga 'rumah bordil' yang terkesan dibiarkan aparat di kawasan Jalan Nibung Medan. "Kok di dekat kantor polisi sana ada hotel-hotel kecil mempraktikkan seks bebas. Kok aparat hukum diam saja. Bahkan saat razia, Polantas banyak memilih-milih korban dan menunggu pengendara salah. Lalu, kenapa yang hidupkan lampu cuma pemakai sepeda motor saat siang hari, mobil kok tidak," tanya para peserta SMU/mahasiswa secara bergantian di depan mimbar. Tak heran, para penceramah dari unsur Poldasu, Polresta Medan, Pemko Medan dan Kanwil Hukum/Ham Sumut, cenderung tersenyum dan mengerutkan dahi, seolah-olah kesulitan memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan kritis yang dilontarkan bertubi-tubi.


    Dibuka Dewan Pembina

    Untuk diketahui, kegiatan Curhat Kadarkum generasi muda Dewan PERS Sumut dibuka secara resmi oleh Ramli, selaku Pembina Dewan PERS Sumut. Dalam sambutannya Ramli meminta Dewan PERS Sumut untuk tidak berhenti menampilkan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, daerah dan negara. "Teruslah berkarya dan berbakti. Jadikan ajang Curhat akhir tahun 2011 ini sebagai momentum strategis dalam membekali generasi muda berwawasan sadar hukum. Saya minta kegiatan serupa dilakukan lagi tahun 2012 atau menjadi kalender tetap organisasi," ujar Ramli, yang sehari-hari merupakan anggota Komisi C DPRDSU dari Fraksi Partai Demokrat.

    Pembukaan Curhat Kadarkum diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian laporan Ketua Panitia Rahmanudin Halawa dan diikuti pidato kelembagaan Dewan PERS Sumut oleh Budiman Pardede, S.Sos. Dalam pidatonya Budiman Pardede menjelaskan, Dewan PERS Sumut berbadan hukum (BH) Akte Notaris Nomor 21 dan SKT Kesbangpol Linmas Nomor Inventarisasi 213F. Merupakan lembaga kemasyarakatan dan organisasi sosial yang independen serta bukan/tidak sub-ordinasi lembaga profesi atau Orsospol manapun. Namun berdiri sendiri berlandaskan UU/peraturan serta berorientasi konstruktif berdasar Anggaran Dasar (AD) Dewan PERS Sumut Pasal 3 tentang maksud, tujuan dan bentuk kegiatan/usaha. "Sesuai Pasal 3 Anggaran Dasar, institusi Dewan PERS Sumut memiliki visi misi berkarya dan berbakti. Bertekad ikut terlibat mewujudkan masyarakat Indonesia yang bermartabat dan sejahtera," singkapnya bersemangat saat berpidato.

    Usai pembacaan pidato kelembagaan Dewan PERS Sumut, acara dilanjutkan dengan sambutan mewakili Kapoldasu oleh Kasubdit Reserse Umum Poldasu AKBP Jidin Siagian, SH, MH, sambutan mewakili Walikota Medan oleh Staf Ahli Walikota HM Rasyid, SH dan doa. Curhat Kadarkum yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB dipimpin Budiman Pardede, S.Sos selaku moderator dan ditutup Kasat Bimas Polresta Medan Kompol A Hutauruk secara resmi pukul 17.30 WIB.(MS/Grevin).

     

    Share this

     
     

    Berikan Komentar Anda 'LSM Dewan PERS Sumut Taja Panel Diskusi Pilgubsu,Plt Gubsu Ingatkan Perbedaan Bukan untuk Perpecahan'


    Memahami UU PERS Nomor 40 tahun 1999

    Akhir-akhir ini banyak kalangan internal (pegiat, organisasi profesi/perusahaan) PERS maupun pihak eksternal (masyarakat/narasumber) yang keliru dan main hakim sendiri saat menilai kinerja PERS.

    Melongok UU Lalu LIntas Nomor 22/2009

    Sampai saat ini pemakai sepeda motor/angkutan umum banyak keberatan/ memperdebatkan UU No 22/2009. Diantaranya pengemudi sepeda motor, yang diwajibkan menghidupkan lampu siang hari.

    3 Media Penyebab Timbulnya Jerawat

    Banyak orang tak menyangka bahwa selain debu yang kerap melekat dalam kulit, ternyata ada 3 media (barang-barang) yang selalu kita pakai dan berisiko menimbulkan jerawat.

    Seks Mau Meningkat, Makan Ikan !

    Anda mau sukses urusan seks? Segara konsumsi ikan ! Sebab ikan memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Riset terbaru menunjukkan, nutrisi yang terkandung dalam ikan membantu menaikkan gairah seks pria.

    MARTABE SUMUT

  • HOME
  • MARTABE TERPANAS
  • KELILING MEDAN
  • YA AKU MENGATAKANNYA
  • NGINTIP DPRDSU
  • OLAHRAGA
  • NASIONAL
  • SOSOK MARTABE
  • DAERAH
  • INDEX BERITA
  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER