317.925 Warga di 21 Kec Medan Segera Dapat E-KTP

Bagikan Berita :

MartabeSumut, Medan

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Medan Muslim Harahap mengatakan, bila tidak ada aral melintang, E-KTP dapat dibagikan kepada 317.925 masyarakat sesuai pemiliknya. Rencananya, mulai dibagikan secara serentak di 21 kecamatan di Kota Medan sejak Kamis (5/7) setelah lebih dulu verifikasi dilakukan dengan scan tangan. “Setiap penerima E-KTP akan diverifikasi terlebih dahulu dengan scan tangan, baru dibagikan,” kata Muslim kepada wartawan, Rabu (4/7). Scan tangan disebut Muslim berguna untuk mengetahui kalau E-KTP tersebut memang benar-benar jatuh ke tangan pemiliknya. E-KTP yang datang dari Jakarta diakuinya sudah dikirim melalui kantor pos ke kantor-kantor camat dan tanda terimanya ditembuskan ke Disdukcapil. “Saya rasa E-KTP sudah sampai di Medan melalui sejumlah proses,” tegasnya. Menyahuti keresahan warga terkait isu nomor induk kependudukan (NIK) yang berubah saat menerima e-KTP, Muslim langsung membantahnya. “Saya menjamin isu itu tidak benar. Intinya NIK antara E- KTP dengan KTP yang lama tetap sama. Hanya bendanya saja yang berubah,” aku dia.

Dia mengimbau kepada warga untuk tidak mempercayai isu-isu yang menyesatkan seperti itu. Jika ada informasi yang beredar terkait E- KTP, Muslim meminta warga langsung bertanya kepada lurah, camat atau datang langsung ke kantor Disdukcapil di Jalan Iskandar Muda.

Dalam kesempatan terpisah, Camat Medan Kota Parlindungan Nasution, S.Sos yang dikonfirmasi MartabeSumut, mengakui hingga kemarin E-KTP yang dikirim dari Jakarta melalui kantor pos belum sampai ke kantornya. “E-KTP belum ada masuk di kecamatan. Saya rasa besok atau lusa akan datang,” ujarnya. (MS/JECXON)

Bagikan Berita :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here